Yorrys Ungkap Peran Pengacara Setnov – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Nasional

Yorrys Ungkap Peran Pengacara Setnov

Setya Novanto

KENDARIPOS.CO.ID — Rangkaian peristiwa pencabutan berita acara pemeriksaan (BAP) Miryam S. Hariyani yang diduga melibatkan Ketua DPR Setya Novanto kembali menguat. Itu setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa mantan politisi Partai Golkar Yorrys Raweyai, selasa (31/10). Yorrys dipecat dari Golkar lantaran dinilai berseberangan dengan Setnov.

Dalam pemeriksaan, Yorrys menyatakan kepada penyidik bahwa ada hubungan antara Setnov dengan pengacara Rudi Alfonso. Rudi disebut-sebut mempengaruhi kesaksian Miryam dalam sidang kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). ”Sebagai teman baik dengan ketum (Setnov), hampir semua kasus ketum dan kader-kader di daerah ditangani bidang hukum (Rudi),” terangnya.

Nah, atas kedekatan Setnov dan Rudi itu kian menguatkan bila pencabutan BAP Miryam di sidang e-KTP karena ditekan sejumlah pihak. Khususnya para politisi di DPR. Dalam BAP itu Miryam menyebut indikasi duit ijon e-KTP yang mengalir ke sejumlah anggota DPR periode 2009-2014. ”Kalau saya sih nggak ada apa-apa (pencabutan BAP). Nggak tahu,” ujarnya.

Yorrys menambahkan, dirinya kemarin diperiksa untuk tersangka Markus Nari terkait kasus dugaan menghalangi penyidikan dan penuntutan e-KTP. Dia menjelaskan, penyidik fokus mendalami peran Rudi yang merupakan ketua bidang hukum Golkar. Bidang itu di bawah koordinator bidang politik, hukum dan keamanan (polhukam) yang pernah diketuai Yorrys.

Meski demikian, Yorrys mengaku tidak tahu menahu soal komunikasi antara Setnov, Rudi dan Markus Nari terkait indikasi pencabutan BAP Miryam. Di hadapan penyidik, dia hanya menjelaskan soal mekanisme dan hubungan penugasan antara koordinator bidang polhukam dengan ketua bidang hukum. ”Sejak April saya sudah agak bertentangan (dengan Setnov), saya mendorong agar (e-KTP) segera dituntaskan,” imbuhnya. (tyo/jpg)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top