Sembunyikan Sabu dalam Anus, Kurir Sabu Wanita Jaringan Internasional Ditangkap – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Hukum & Kriminal

Sembunyikan Sabu dalam Anus, Kurir Sabu Wanita Jaringan Internasional Ditangkap

Vera (tengah) tertangkap saat membawa sabu.

KENDARIPOS.CO.ID — Jaringan narkoba internasional membidik pasar di Sultra. Selasa (26/9) lalu, tim BNNP Sultra menangkap Afrizal dan menyita narkotika jenis sabu seberat 296,4 gram. Afrizal diketahui bagian jaringan kartel narkoba internasional, Malaysia. Terbaru, BNNP Sultra bersama Pangkalan TNI Angkatan Udara Halu Oleo (Lanud HLO) Kendari berhasil membongkar penyelundupan sabu jaringan internasional. BNNP Sultra dan TNI AU menangkap kurir sabu, Vera asal Malaysia. Dari tangan pelaku, tim gabungan menyita sabu seberat 104 gram.

Upaya penyelundupan yang dilakukan Vera cukup rapi. Dia berusaha mengelabui petugas dengan menyembunyikan sabu tersebut dalam anusnya. Perempuan muda itu tak bisa mengelak ketika diperiksa intensif oleh petugas di Bandara HLO. Penangkapan kurir yang berusia 18 tahun itu bermula dari informasi yang didapatkan tim berantas BNNP Sultra dibawah komando Kompol Anwar Toro. Berbekal informasi akurat itu, tim Berantas memantau pergerakan Vera. Diketahui, Vera akan masuk ke Sultra, Selasa (31/10). Tim langsung siaga dan mengidentifikasi sang kurir sembari berkoordinasi dengan Lanud HLO pada pukul 9.00 wita, kemarin. Setelah teridentifikasi, tim lalu bergerak dan membekuk Vera yang diketahui terbang ke Kendari menggunakan penerbanangn Lion Air JT 998, rute Makassar-Kendari.

Tepat pukul 9.30 wita, pesawat yang ditumpangi Vera yang diketahui berdomisili di Kecamatan Tellu Lempo, Sulawesi Selatan (Sulsel), landing di Bandara HLO. Personel Lanud HLO yang telah mengetahui identitas pelaku langsung menggiring Vera sedang berjalan didalam garbarata Bandara HLO ke ruang klinik untuk dilakukan identifikasi oleh BNNP Sultra.

Komadan Lanud (Danlanud) HLO, Letkol Pnb Muhram Jayahadi Kusuma saat dikonfirmasi Kendari Pos membenarkan penangkapan kurir yang menyembunyikan sabu dalam anus. Danlanud menjelaskan penangkapan tersebut berhasil berkat koordinasi dengan BNNP Sultra. “Sudah kewajiban kami untuk melakukan pengamanan di Bandara HLO. Mendapat informasi tersebut kami langsung berkoodinasi dan berhasil mengamankan pelaku bernama Vera dan penjemputnya bernama Muh. Amril Firdaus,” ujar Letkol Pnb Muhram Jayahadi, Selasa (31/10).

Ditempat terpisah, Kepala BNNP Sultra Brigjen Pol Bambang Priyambadha membenarkan pelaku brenama Vera merupakan jaringan narkoba asal Malaysia, karena dalam hasil penyelidikan pelaku beberapa kali melakukan penyelundupan sabu dari Malaysia ke Makassar. “Jadi pelaku sudah dua kali menyelundupkan sabu dari Tawau, Malaysia ke Makassar dan untuk penyelundupannya di Kendari ini adalah baru pertama kali. Untuk penyelidikan lebih lanjut pelaku dan barang bukti telah kami amankan untuk melakukan pengembangan,” ujar mantan Wakapolda Sultra itu saat menggelar konferensi pers pukul 16.00 wita, Selasa (31/10).

Brigjen Bambang Priyambadha menjelaskan modus pelaku yakni membungkus sabu dalam sebuah plastik yang dikemas berbentuk lonjong dan dimasukkan melalui anusnya. Modus itu untuk mengelabui penjagaan yang super ketat di bandara dan modus Vera berhasil digagalkan BNNP Sultra karena adanya informasi dari masyarakat bahwa pelaku dicurigai sebagai pengedar. “Setelah mengemas sabu tersebut, pelaku menggunakan sabun atau jel agar sabu yang sudah dikemas mudah masuk dianus,”ungkapnya. (kmr/a)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top