Prihatin Kondisi Dermaga Kendari-Wawonii, DPR RI Dukung Pembangunan New Port – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Prihatin Kondisi Dermaga Kendari-Wawonii, DPR RI Dukung Pembangunan New Port

Rombongan Komisi VI DPR RI, Pelindo IV, ASDP Cabang Baubau di New Port Kendari (NPK). Anggota Komisi VI DPR RI, Bambang Haryo Suekartono memantau progres pembangunan NPK. Dia juga prihatin melihat kondisi dermaga penyeberangan Kendari-Wawonii yang jauh dari kesan layak. Foto: Elyn Ipo/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pekerjaan Pelabuhan New Port Kendari (NPK) tidak hanya mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat dan daerah. DPR RI juga menilai proyek itu sebagai proyek strategis untuk diawasi bersama keberlanjutannya. Komitmen itu dibuktikan dengan kehadiran salah seorang anggota DPR RI asal Jawa Timur yang memantau langsung progres mega proyek yang menelan anggaran dari penyertaan modal pemerintah itu. Adalah Bambang Haryo Suekartono yang rela berpanas-panasan di area proyek NPK, Selasa (31/10) siang. Anggota Komisi VI DPR RI itu juga mengunjungi pelabuhan penyeberangan Kendari-Wawonii, dimana didalam kunjungannya akan meminta pelabuhan tersebut dilakukan renovasi.

Bambang Haryo Suekartono mengaku kehadirannya di Kendari untuk menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat yang duduk di komisi VI. “Kita ingin melihat apakah dana untuk BUMN sudah jalan. apakah sudah dimaksimalkan untuk masyarakat jangan ada penyelewengan, itu aja. Karena selain fungsi budgeting kita juga ada fungsi pengawasan,” ujar Bambang Haryo Suekartono, selasa (31/10). Menurut legislator asal Partai Gerindra itu, apa yang dilihat di lapangan telah sejalan dengan laporan pihak Pelindo di pusat. Kata dia, seluruh tahapan pekerjaan sudah on going, bahkan ada beberapa yang sudah melebihi target. “Kita lihat uda jalan. Dermaga hampir selesai, mungkin kita butuh komitmen Pemda juga supaya bantu akses masuk, karena ini bisa satu jalan kemajuan ekonomi daerah nantinya. Apalagi disini banyak hasil-hasil bumi baik itu pertanian maupun tambang,” paparnya.

Di pelabuhan penyeberangan Kendari-Wanonii, Bambang Haryo Suekartono memantau pelabuhan dan berkunjung ke kantor perwakilan PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero). Dia prihati melihat kondisi pelabuhan dan berharap segera dilakukan perbaikan. “Ini bukan lagi memprihatinkan tetap ganas. Fasilitas pelabuhannya tidak layak lagi, dan jembatan dermaganya sudah tidak layak. Selain itu kantor dan tempat pelayanannya tidak nyaman untuk masyarakat yang sedang menunggu. Saya harap ini bisa menjadi perencanaan anggaran daerah dan saya akan kawal,” janjinya.

Sementara itu, Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelindo IV, Farid Padang mengamini harapan anggota dewan itu. Dia memastikan jika semester satu tahun 2018, pelabuhan itu sudah selesai. “Awal tahun sudah bisa selesai, karena kita ada percepatan. Kalau kontrak Desember 2018,” jelasnya saat mendampingi rombongan anggota dewan itu.

Secara kasat mata kata dia, masyarakat akan melihat pekerjaan jembatan pelabuuhan itu masih jauh dari kata tuntas. Namun, faktanya secara keseluruhan sudah 40 persen. “Semua bahan sudah dirakit di Gresik, nyampe sini tinggal dipasang aja. Pekerjanya kita hanya 50 orang, akan kita tambah nantinya kalau sudah datang material yang lain. Kita optimis bisa tuntas lebih cepat,” ujar Farid Padang.

General Manager ASDP Cabang Baubau, Umar Imran berharap janji Bambang Haryo Suekartono itu dapat terealisasikan, karena kondisi pelabuhan penyeberangan Kendari-Wawonii saat ini sangat memprihatinkan. Apalagi Mobile Bridge (MB) Dermaganya yang seharusnya dapat naik turun mengikuti pasang surut air dimana kondisinya kini statis. “Mudah-mudahan dengan kunjungan anggota Komisi VI DPR RI ini dapat membantu kami dalam perbaikan fasilitas pelabuhan agar kami dapat melayani masyarakat dengan baik,” harap Umar Imran. (ely/kmr)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top