Market Day TKIT Al Qalam Ajarkan Peserta Didik Berwirausaha Sejak Dini – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

Market Day TKIT Al Qalam Ajarkan Peserta Didik Berwirausaha Sejak Dini

Wa Ode Sitti Febriani/Kendari Pos
Siswa TKIT Al Qalam Kendari tampak antusias mengikuti Market Day yang dilaksanakan pekan lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — TK Islam Terpadu (TKIT) Al Qalam pun mulai mengenalkan dunia bisnis kepada peserta didik dengan cara yang sangat menarik. Melalui Market Day yang sukses digelar pekan lalu, siswa diberi kesempatan untuk menjajakan menu sehat di lingkungan sekolah sehari penuh.

Kepala TKIT Al Qalam Kendari, Risna Uruzi SPd., menerangkan, Market Day adalah salah satu mekanisme yang dijalankan sebagai puncak tema. Jadi, dalam kegiatan belajar mengajar ada beberapa tema yang diangkat dan puncaknya diisi dengan kegiatan praktik.

“Kali ini tema Market Day seputar makanan dan minuman. Jadi, peserta didik diminta untuk menyediakan lima jenis menu sehat selanjutnya mereka belajar untuk menjual dan membeli. Di sisi lain, masing-masing peserta didik juga dibekali Rp 10 ribu dalam pecahan Rp 2 ribuan oleh orang tua. Tujuannya, selain menjual mereka juga dapat berbelanja,” terangnya.

Market Day dikemas dengan sangat unik, hingga semua siswa mendapat giliran yang sama, setelah menjual bisa juga membeli. Dengan begitu, semua punya kesan saat menjadi penjual dan pembeli. Lebih jauh Risna menerangkan, beberapa tujuan puncak tema Market Day adalah untuk menambah kosakata peserta didik, selain ingin menjalin kerjasama dengan orang tua siswa dengan melibatkan mereka secara langsung dalam mendekorasi stand.

“Di sisi lain, kemampuan interaksi sosial anak pun jadi lebih mantap. Dan yang paling utama adalah menumbuhkan bakat wirausaha sejak dini,” ujarnya. Jadi, setelah menerima teori maka diakhiri dengan praktik. Misal dalam satu semester ada lima tema yang diangkat maka semua akan diakhiri dengan praktik di dalam maupun di luar sekolah. Selain tema Market Day makanan dan minuman, juga ada tema transportasi, lingkunganku hingga kebutuhan. Nah, Market Day berjalan dalam sehari penuh.

“Harapan untuk masa mendatang, sebanyak 107 peserta didik yang terlibat dalam Market Day dapat menjadi wirausahawan handal,” tandasnya. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top