Kualitas Air di Sungai Lasolo-Lalindu Dipantau – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Kualitas Air di Sungai Lasolo-Lalindu Dipantau

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tenggara kembali melakukan pemantauan kualitas air di Sungai Lasolo-Lalindu. Pemantauan yang sudah menjadi agenda rutin sejak tahun 2012 itu dilakukan untuk menjaga kualitas air yang menjadi tumpuan kehidupan warga sekitar sungai. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sultra, Ir. H. Muh. Hakku Wahab mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan tugas dan fungsi DLH dalam pelayanan informasi kualitas lingkungan, khususnya kualitas air sungai. Kata dia, Sungai Lasolo dan anak sungainya, Lalindu merupakan satu kesatuan wilayah sungai Lasolo-Konaweha yang sebagian besar wilayahnya terletak di Kabupaten Konawe dan Konawe Utara.

Secara geografis, wilayah tersebut terletak antara 3o18’0” LS sampai 3o33’0” LS dan 122o0’0” BT sampai 122o18’0” BT dengan luas 581.658,36 Ha. “Dipilihnya sungai Lasolo Lalindu sebagai lokasi pemantauan karena sungai ini merupakan sungai strategis nasional,” ujar Hakku, selasa (31/10). Mantan Pj. Bupati Bombana itu melanjutkan kegiatan pemantauan dilakukan pada 10 titik yang mewakili hulu sampai hilir dengan cara mengambil sampel air sungai untuk diuji di laboratorium serta pengukuran secara langsung parameter lapangan. “Ke depan tidak hanya di Sungai Lasolo-Lalindu, tetapi juga sungai-sungai strategis lainnya. Data kualitas air sungai sangat diperlukan dalam rangka penetapan peruntukan sungai, perencanaan pembangunan, serta pembinaan dan pengawasan kepada masyarakat dan pelaku usaha dan kegiatan di sekitar wilayah sungai,” paparnya.

Terpisah, Koordinator tim Ir. H.Takdir, M.Si mengatakan bahwa sepanjang tahun ini, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sultra telah melakukan perbaikan metode pengolahan data dan penyampaian informasi kualitas air. Pengolahan data yang sebelumnya hanya membandingkan hasil uji laboratorium dengan baku mutu air sesuai dengan PP No. 82 Tahun 2001. Kemudian disempurnakan melalui perhitungan indeks tunggal (single index) kualitas air untuk menentukan status mutu air. Takdir menjelasn ada tiga metode yang digunakan, yaitu metode storet, indeks pencemaran (IP), dan indeks kualitas air (IKA). Mulai tahun ini juga, informasi status mutu air sudah dapat diakses melalui website Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggaradengan alamat www.sulawesitenggaraprov.go.idserta penyampaian melalui media cetak dan brosur.

Terkait hasil-hasil pemantauan dalam lima tahun terakhir masih kata Takdir menunjukkan adanya indikasi pencemaran pada beberapa parameter kualitas air. Analisis data dengan menggunakan metode storet menunjukkan bahwa dari 10 titik pemantauan, 2 diantaranya terindikasi cemar berat, sedangkan 8 titik lainnya terindikasi cemar sedang. “Hasil berbeda diperoleh dari metode Indeks Pencemaran (IP) yang menunjukkan bahwa seluruh titik pengamatan terindikasi cemar ringan serta metode Indeks Kualitas Air (IKA) dengan 1 titik memiki mutu sedang dan 9 titik lainnya memiliki mutu yang baik,” ujar Takdir. Pada beberapa lokasi yang terindikasi cemar masih sering digunakan olehmasyarakat sebagai tempat untuk melakukan kegiatan mandi, cuci dan kakus (MCK), transportasi sungai, penangkapan ikan air tawar, penggembalaan ternak, serta penambangan pasir sehingga limbah yang dihasilkan langsung masuk ke dalam sungai. “Selain kegiatan tersebut, aktivitas lain yang dapat memberikan kontribusi pencemaran di Sungai Lasolo-Lalindu adalah kegiatan perkebunan dan pengolahan (pabrik) kelapa sawit serta penambangan nikel yang marak sejak era otonomi daerah,” urai Takdir. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top