Kapolda Sultra Ajak Masyarakat Cegah Kebakaran Hutan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Kapolda Sultra Ajak Masyarakat Cegah Kebakaran Hutan

Kapolda Sultra, Brigjen Andap Budhi Revianto usai memimpin apel pasukan menghampiri dan menyalami personel Satgas Kebakaran Hutan dalam apel pasukan kesiapsiagaan antisipasi kontinjensi bencana alam dan kebakaran hutan di kantor Gubernur Sultra, Selasa (31/10). Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pencegahan kebakaran hutan sudah menjadi agenda nasional dalam pemerintahan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Hutan menjadi aset penting yang harus dijaga dari potensi kebakaran. Tak heran jika Kapolda Sultra, Brigjen Andap Budhi Revianto mengajak seluruh masyarakat untuk ikut mencegah kebakaran hutan sebagai bentuk tindak lanjut instruksi Presiden. Polda Sultra bersama stakeholder Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, SAR dan Polri telah membentuk satuan tugas (Satgas) pencegahan kebakaran hutan. Hal itu diungkapkan Kapolda Sultra, Brigjen Andap Budhi Revianto saat melaksanakan apel gelar pasukan kesiapsiagaan antisipasi kontinjensi bencana alam dan kebakaran hutan di kantor Gubernur Sultra, Selasa (31/10).

Brigjen Andap Budhi Revianto menekankan perlunya sinergi seluruh elemen dalam mencegah kebakaran hutan. Polri menurut kapolda harus melaksanakan tugas tersebut bersama pemerintah. Dari beberapa kasus kebakaran hutan yang terjadi, Brigjen Andap Budhi Revianto menilai disebabkan ulah masyarakat yang tak paham dengan pentingnya kelestarian hutan. Upaya sosialisasi kepada masyarakat dinilai efektif dilakukan Satgas dalam melakukan pengendalian. Sosialisasi juga sebagai bentuk pendekatan persuasif kepada masyarakat sehingga potensi kebakaran hutan dapat dicegah. “Satuan tugas yang dibentuk sudah bekerja. Ini terlibat semua. Mulai dari BPBD, TNI, Polri, SAR dan perangkat daerah lainnya. Langkahnya untuk mencegah kebakaran hutan,” ujar Brigjen Andap Budhi Revianto, Selasa (31/10).

Kapolda Sultra yakin kebakaran hutan dapat dicegah jika pemerintah dan polisi intensi memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Saat ini satgas pencegahan kebakaran hutan telah memasang tiga satelit, untuk mendeteksi wilayah mana saja yang terjadi kerusakan hutan. “Saya harapkan kita dapat bekerja bersama-sama, memberantas dan mencegah Jika langkah sosialisasi sudah tak bisa, maka lakukan langkah terakhir yaitu penindakan,” tegas Brigjen Andap Budhi Revianto. Polda Sultra mencatat sekira 88 kasus kebakaran hutan dan lahan terjadi di Sultra. Ada pula 22 kejadian bencana alam. Gelar pasukan dihadiri seluruh pejabat utama Polda Sultra, Plt. Gubernur Sultra Saleh Lasata, Kajati Sultra Azhari, Ketua DPRD Sultra Abdurahman Shaleh. (ade/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top