Job Fit Bukan untuk “Menghabisi” Pejabat Muna – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Muna

Job Fit Bukan untuk “Menghabisi” Pejabat Muna

KENDARIPOS.CO.ID — Tahapan job fit yang dilaksanakan  Lembaga Administrasi Negara (LAN) pada pejabat eselon II di pemerintah kabupaten (Pemkab) Muna, telah usai digelar. Para pejabat tinggal menghadapi tes lanjutan dari panitia seleksi internal pemerintah. Penekanan mekanisme ini, lebih pada kepemimpinan yang baik menjalankan tugas pokok dan fungsinya, dalam mengemban amanah.

Harapannya, para pimpinan satuan kerja tersebut mampu profesional dalam menjalankan serta mewujudkan visi misi pemerintah. Bupati Muna, LM Rusman Emba menegaskan, ada sejumlah indikator dalam penilaian job fit. Mulai dari integritas, leadership motivasi, perencanaan, kerja sama antar lembaga, kemampuan berinovasi dalam pelayanan publik, mengambil kebijakan, kualitas efektifitas anggaran serta optimisme dalam menjalankan kewajiban.

“Kalau ini tidak bisa dijalankan di satuan kerja, bisa dipertanyakan. Apa yang dilakukan selama ini,” sindir Bupati Muna, LM Rusman Emba saat ditemui di Aula Galampa By Pass Raha, Selasa (31/10). Sayangnya, mantan Ketua DPRD Sultra itu enggan memublikasikan hasil dari tes job fit. Pasalnya, presentasi antara nilai yang dikeluarkan LAN dengan tahapan panitia seleksi, nanti disinkronkan. Sebab job fit itu adalah kemampuan seorang memahami Tupoksi, kemampuan komunikasi serta psikotes. “Kalau LAN ada tiga indikator penilaiannya. Jadi tinggal dilihat saja dalam administrasi. Kalau tidak mampu komunikasi, sifatnya analisis, kemampuan manajemen, semua ketahuan. Apa kecenderungannya. Inilah yang akan dirampungkan. Apakah pejabat itu punya integritas atau cenderung pada aspek politisnya,” papar Rusman.

Dalam waktu dekat, lanjut Rusman, ia akan memanggil para pejabat eselon II yang miliki kemampuan serta profesional. Apalagi, dalam visi dan misinya juga mewujudkan peningkatan pemasukan asli daerah (PAD) disetiap instansi. Jika tak mampu capai sesuai target, bagaimana dengan terobosan besar pengembangan sektor pariwisata ke depannya. “Waktu satu tahun, bukan sifatnya politis tapi kebutuhan. Hari ini kita membutuhkan energi yang benar untuk sebuah terobosan besar. Misi RPJMD harus diaktualisasikan. SKPD sebagai motor untuk mengejar kertertinggalan yang cukup jauh,” tegasnya.

Rusman menyampaikan, tak ada upaya untuk “menghabisi” seseorang. Baginya, job fit dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan. Pastinya, satuan kerja yang tidak memiliki kualitas serta tak profesional dalam menjalankan tugas, maka akan dinonjob. Begitu pula, mereka yang memiliki keahlian tertentu, maka diberikan kesempatakan mengikuti lelang jabatan nanti. (c/ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top