Disnakertrans Kolaka Latih Lansia Berwirausaha – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka

Disnakertrans Kolaka Latih Lansia Berwirausaha

ZULFADLY NUR/KENDARI POS
Sekretaris Disnakertrans Kolaka, Yusuf Anas (keempat dari kiri, belakang) berpose bersama para Lansia peserta kewirausahaan.

KENDARIPOS.CO.ID — Banyaknya jumlah pengangguran di Kabupaten Kolaka membuat pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) termotivasi menciptakan lapangan kerja. Salah satu cara yang dilakukan adalah memberikan bantuan modal kepada para lanjut usia (Lansia) yang masih produktif.

“Usia angkatan kerja yaitu 19 hingga 65 tahun. Jadi Lansia yang berusia di atas 60 tahun namun tidak memiliki pekerjaan itu masuk kategori pengangguran. Makanya, agar jumlah pengangguran di Kolaka ini berkurang, maka kami menggelar pelatihan manajemen kewirausahaan khusus bagi Lansia,” kata Kabid Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Disnakertrans Kolaka, Laode Rahmat, Selasa (31/10).

Ia menuturkan, anggaran program pelatihan tersebut bersumber dari APBN dengan jumlah empat paket. Setiap paketnya berjumlah 20 orang Lansia. Total anggaran bantuan tersebut mencapai Rp 350 juta. “Anggaran tersebut diantaranya digunakan untuk memberikan bantuan modal senilai Rp 1,5 juta pada setiap Lansia, uang transportasi dan biaya akomodasi peserta selama mengikuti pelatihan di hotel,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Disnakertrans Kolaka, Yusuf Anas mengatakan, pelatihan kali ini juga digelar untuk mendukung program Pemkab Kolaka dalam upaya menempatkan 1.000 tenaga kerja setiap tahunnya. Untuk itu, ia berharap para peserta mengikuti pelatihan tersebut dengan baik. “Pada pelatihan kali ini, peserta akan diajarkan tentang manajemen kewirausahaan yang diantaranya bagaimana cara mengelola usaha dengan baik meski modal kecil. Jika itu dapat diterapkan dengan baik, maka kesejahteraannya ke depan tentu akan meningkat,” tuturnya. (c/fad)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top