Bank Indonesia Buka Layanan Kas Titipan di Raha – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Bank Indonesia Buka Layanan Kas Titipan di Raha

Kepala Perwakilan BI Sultra, Minot Purwahono (kiri), dan Pimpinan BRI Cabang Raha, Rizal, saat pembukaan kas titipan di Kabupaten Muna, Selasa (31/10). Foto: Perwakilan BI Sultra for Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Mulai Selasa (31/10), Bank Indonesia (BI) resmi membuka Kas Titipan di Kabupaten Muna. Artinya, seluruh bentuk pelayanan seperti di kantor-kantor perwakilan BI (dalam pengelolaan uang) sudah hadir di Whiteno Bharakati. Dalam menjalankan amanat Undang-Undang, BI sebagai otoritas sistem pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah (PUR) wajib menyediakan uang rupiah dalam jumlah yang memadai dengan berbagai pecahan dan kualitas makin ditingkatkan, via kebijakan clean money policy. Salah satunya, dengan menambah jaringan kas titipan di daerah. Yap, Kas Titipan Muna ada untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah di wilayahnya sendiri, Muna Barat dan Buton Tengah.

Dijelaskan Kepala Perwakilan BI Sultra, Minot Purwahono, dipilihnya Kabupaten Muna sebagai lokasi penyelenggara Kas Titipan ketiga di bumi anoa karena beberapa pertimbangan. Pertama, letaknya yang cukup jauh dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sultra di Kendari dan Kas Titipan di Kota Baubau. Kondisi tersebut menyebabkan kualitas uang di Kabupaten Muna sebelum adanya pembukaan Kas Titipan, relatif rendah. Pasalnya, untuk memenuhi kebutuhan uang dari masyarakat maka perbankan harus mengeluarkan biaya operasional yang cukup besar dibarengi dengan risiko yang tak kalah besar.

“Di sisi lain, seiring meningkatnya kegiatan ekonomi di Kabupaten Muna dan sekitarnya, kami perkirakan kebutuhan uang tunai untuk transaksi juga akan mengalami kenaikan,” kata Minot. Dengan makin terpenuhinya kebutuhan uang, diharapkan pertumbuhan ekonomi Muna dan sekitarnya bakal terdongkrak, karena didukung sistem pembayaran yang tambah lancar. Keberadaan Kas Titipan tentu akan sangat membantu perbankan dalam memenuhi kebutuhan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan nasabah.

Adapun pembukaan layanan Kas Titipan BI di Muna adalah lokasi ke-35 yang dibuka oleh BI sepanjang tahun ini dan menambah lokasi kas titipan secara nasional menjadi 100 titik. Ini selanjutnya dikelola oleh PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Raha dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh bank yang ada di sekitarnya. Untuk tahap awal, jumlah uang yang dititipkan Rp 150 miliar dan akan terus dievaluasi pemanfaatannya.

Sejalan dengan Undang-Undang Mata Uang, perbankan wajib melayani penukaran uang dari masyarakat (tidak hanya nasabah), sehingga Kas Titipan di Muna nantinya akan membantu perbankan, memberi layanan tukar uang kepada masyarakat Kabupaten Muna, Muna Barat dan Buton Tengah. Selain berkomitmen meningkatkan kualitas dan ketersediaan uang rupiah, baik secara langsung maupun melalui perbankan, BI pun terus mengedukasi masyarakat tentang cara memperlakukan uang dengan baik sekaligus mengenali ciri-ciri keaslian uang rupiah. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top