54 Desa di Buton Ikut Pilkades Serentak 2018 – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton

54 Desa di Buton Ikut Pilkades Serentak 2018

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak akan digelar pada 2018 mendatang di Buton. Ada 54 desa dari tujuh kecamatan yang akan melakukan pergantian kepemimpinan. Pemerintah kabupaten (Pemkab) kini tengah menyiapkan penyelenggaraannya, baik dukungan anggaran maupun payung hukum.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Kabupaten (Sektab) Buton, Manafu, merinci, ada empat desa di Pasarwajo, tujuh desa di Kapontori dan Wabula, delapan desa di Siotapina, sembilan desa di Lasalimu, 12 desa di Lasalimu Selatan dan enam desa di Wolowa. “Masing-masing dengan masa pemerintahan bervariasi. Ada yang memang selesai 2018 dan ada juga yang dipercepat setahun, yakni nanti tahun 2019,” jelasnya.

Untuk kebutuhan anggaran, Manafu belum bisa menyebut nominal pasti. Hanya saja merujuk pada pengalaman pelaksanaan Pilkades, satu desa bisa menghabiskan biaya sampai Rp 20 juta lebih. Dengan demikian, jika dikalikan 54 desa, kisaran biaya penyelenggaraan pesta demokrasi itu bisa sampai Rp 1,1 miliar lebih. “Itu akan dianggarkan di APBD 2018,” jelasnya, Selasa (31/10).

Ditanyakan soal jadwal pelaksanaan Pilkades yang tahun depan bersamaan dengan pemilihan gubernur Sultra, ia mengaku akan mencari waktu yang tidak bersamaan, khususnya pada bulan. Kemungkinan besar Pilkades serentak akan dilaksanakan lebih awal dari jadwal Pilgub Juni 2018 nanti. “Mungkin di April atau Mei Pilkadesnya,” kata Manafu.

Ia menegaskan, tahapan Pilkades di Buton sudah diatur dalam peraturan daerah dengan masa penyelenggaran tiap dua tahun sekali. “Terakhir kami gelar pada 2016 lalu. Kemudian di 2018 nanti, selanjutnya pada 2020 mendatang,” tandasnya sambil mengaku akan segera berkomunikasi dengan Polres Buton terkait skema pengamanan nanti. (c/m1)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top