Pariwara
Metro Kendari

Wali Kota Kendari Ajak Pemuda Jaga Keutuhan NKRI

Wali Kota Kendari, Adriatma memberikan beasiswa pada murid SD berprestasi usai upacara Sumpah Pemuda (kiri). Para pemuda yang tampil mengenakan busana adat nusantara dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda di halaman Kantor Gubernur Sultra (kanan), Senin (30/10). Foto: LM Syuhada Ridzky

KENDARIPOS.CO.ID — 28 Oktober dikenal sebagai Hari Sumpah Pemuda. Hari dimana pemuda mengikrarkan janji sakral untuk bangsa dan tanah air. Olehnya itu saban tahun, Sumpah Pemuda diperingati dalam bentuk upacara resmi oleh lembaga pemerintahan dan organisasi kepemudaan. Di Pemprov Sultra, seremoni itu digelar di pelataran kantor Gubernur Sultra, Senin (30/10).  Sekretaris Provinsi Sultra, Lukman Abunawas memimpin upacara yang dihadiri oleh berbagai kalangan itu. Mulai PNS, TNI Polri, dan para pelajar dari berbagai satuan pendidikan. Kelompok organisasi kepemudaan tampil mengenakan busana adat nusantara yang mencerminkan ikrar satu bangsa, satu bahasa dan satu tumpah darah sebagaimana para pemuda yang berikrar ketika itu berasal dari berbagai latar belakang agama, suku, bahasa dan adat istiadat.

Sekretaris Provinsi Sultra, Lukman Abunawas, sumpah pemuda tidak boleh hanya menjadi momentum untuk menggelar upacara saja. Tetapi lebih kepada pengejawantahan point-point dari sumpah itu. “Kalau upacara ini kan hal biasa, hanya seremoni saja. Tapi yang perlu kita catat adalah peran pemuda dalam pembangunan daerah, apa saja dan sejauh mana,” katanya. Dia berharap Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di Sultra bisa merangkul semua elemen pemuda untuk menyusun kekuatan baru dan bersatu dengan pemerintah daerah membangun masyarakat. “Kita punya KNPI sebagai organisasi induk pemuda, kita berharap bisa merangkul OKP seluruhnya guna berkontribusi pada daerah,” tambah mantan Bupati Konawe dua periode itu.

Sementara itu, Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra memimpin upacara bendera Hari Sumpah Pemuda di halaman Kantor Wali Kota Kendari, Senin (30/10). Hadir dalam upacara, Ketua TP. PKK Kota Kendari Ibu dr. Hj. Siska Karina Adriatma, Wakil Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, dan istri, Sri Lestari, Ketua DPRD Samsuddin Rahim dan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompimda) Kota Kendari.Tak hanya memimpin upacara, Wali Kota Kendari, Adriatma memberikan beasiswa kepada siswa dan siswi berprestasi. Dia berharap penerima beasiswa untuk terus belajar agar menjadi pemuda harapan bangsa. “Ini adalah spirit buat mereka agar mereka terus giat belajar agar menjadi pemuda dambaan bangsa, yang nantinya akan membuat bangsa kita maju, khususnya Sultra,” ujar Adriatma dalam sambutannya.

Suami dr. Siska Karina Imran itu mengajak seluruh pemuda Kota Kendari untuk selalu menjaga keutuhan NKRI yang menjadi warisan pendahulu. “Kita adalah satu didalam rahim ibu pertiwi, marilah kita menjadi kesatuan ini agar kokoh dan tak tergoyahkan dari pihak manapun,” ujarnya. (ely/kmr/c)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top