Pariwara
Metro Kendari

Serapan Anggaran Sultra Terbaik Nasional

Hj. Isma

KENDARIPOS.CO.ID — Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Hj. Isma mengambil langkat cepat dan tepat untuk menggenjot realisasi belanja tahun 2017 ini. Setelah sempat bergerak lambat di triwulan kedua dengan hanya mencapai angka 39 persen, di triwulan ke tiga sudah sesuai target 60 persen ke atas. Karena itu pula, nama Sultra disebut-sebut dalam rapat evaluasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) baru-baru ini. Sultra dianggap paling sukses menjalankan kegiatan selama tahun 2017 ini. Itu diukur dari realisasi belanja Sultra yang masuk tiga terbaik nasional. Hj. Isma mengatakan pihaknya sempat dibuat panik dengan minimnya serapan untuk triwulan satu dan dua, angkanya masih jauh di bawah target nasional maupun provinsi. Sehingga dalam beberapa kali pertemuan dengan para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) selalu ditegaskan soal serapan anggaran itu.

Teranyar, BPKAD terpaksa menunda pencairan tambahan penghasilan pegawai (TPP) yang dinasnya belum memenuhi target serapan anggaran. “Malah ada dinas yang baru saya transfer TPP bulan Agustus-nya, kemarin. Kalau tidak begitu, mereka tidak terdesak untuk menyelesaikannya,” ungkap Isma, Senin (30/10). Lebih rinci mantan Kepala BPKAD Konawe Selatan itu menyebutkan dalam rapat evaluasi di Kemendargri, peringkat pertama Provinsi Jawa Timur 70 persen, disusul dengan Provinsi Gorontalo dengan realisasi belanja 63 persen, dan Sultra ada diperingkat ketiga dengan angka 61 persen. “Sebenarnya kita bisa lebih maksimal dari ini, tapi tetap kita syukuri saja. Semoga triwulan keempatnya juga tidak masalah,” ujar Hj.Isma.

Soal reward atas capaian itu masih kata Isma belum ada iming-iming dari pemerintah pusat. Hanya saja itu merupakan bagian dari penilaian pusat untuk memberikan atau menambah program dan penggaran di Sultra ke depannya. “Ini kan bukan lomba, tapi tetap bagian dari penilaian juga,” tukas Hj.Isma. Wanita ramah ini juga menambahkan untuk hasil evaluasi realisasi belanja tingkat kabupaten kota khususnya di Sultra, Kabupaten Konawe Utara berada pada peringkat pertama dengan progres 68,77 persen, disusul Kabupaten Bombana skeira 63,69 persen dan Kabupaten Buton Selatan dengan tren 61,13 persen. Ketiganya adalah daerah dengan capaian tertinggi. Sementara tiga terbawah adalah Muna Barat (37 persen), Konkep (42 persen) dan Buton Tengah (46 persen). “Ini daerah sendiri yang setor laporannya ke sana (Kemendagri). Itulah susunannya kalau kita di Sultra,” pungkasnya. (ely/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top