Pemkab Buton Gagas Homestay Bagi Wisatawan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton

Pemkab Buton Gagas Homestay Bagi Wisatawan

KENDARIPOS.CO.ID — Pengembangan wisata di Buton terkendala karena minimnya sarana pendukung seperti perhotelan. Lima kali menggelar event nasional festival budaya tua, belum juga mampu mendorong pertumbuhan jasa penginapan. Padahal, kunjungan wisatawan terbilang banyak. Menyiasati kondisi tersebut, pemerintah kabupaten (Pemkab), tengah menggagas penyediaan homestay (rumah inap). Itu untuk menarik wisatawan agar mau menetap di Pasarwajo selama gelaran festival ataupun pada momen kunjungan lainnya.

Sebagai langkah awal, 100 kamar homestay akan disedikan mulai awal 2018 mendatang untuk menutupi minimnya hotel di Pasarwajo. Plt. Bupati Buton, La Bakry mengatakan, ide pembuatan homestay bermula saat dirinya memahami keterbatasan sarana hotel. Disisi lain, ada peluang yang bisa dikejar Pemkab Buton untuk menawarkan spot menarik di Pasarwajo setelah pemerintah pusat menetapkan Wakatobi masuk satu dari sepuluh destinasi unggulan Indonesia. Ia pun berkonsultasi dengan asosiasi pengusaha dan hiburan Indonesia (Aspehindo) belum lama ini. Dirinya disarankan membuat homestay dengan pilihan paket liburan tertentu. “Misalnya dua malam tiga hari. Nanti wisatawan bayar Rp 6 juta, sudah bisa dilayani selama berlibur di sini,” rincinya.

Homestay itu, sambungnya, dibuat dengan memanfaatkan rumah warga. Dengan sedikit polesan dan tambahan fasilitas layaknya hotel, rumah warga akan disulap jadi penginapan nyaman. “Kita sediakan Rp 20 juta per satu rumah untuk dibenahi. Nanti akan dibuat seperti kamar hotel,” sambungnya.

Faktor lain yang tidak kalah penting untuk mendukung program itu adalah kesiapan sosial budaya masyarakat. Untuk itu, Pemkab akan membina warga yang rumahnya dijadikan homestay dengan keahlian layaknya tour guide. “Masyarakat akan diajari bagaimana jadi tuan rumah yang baik. Tahun depan saat festival sudah bisa kita ujicoba,” pungkasnya. (c/m1)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top