Pariwara
Nasional

Kemendagri Proses Pergantian Bupati Buton

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID –Tak lama lagi, La Bakry akan resmi menjadi Bupati Buton definitif. Saat ini, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mulai proses pencopotan Bupati Buton nonaktif Samsu Umar Abdul Samiun. Pergantian ini diperlukan supaya tidak mengganggu jalannya pemerintah plus kasusnya yang sudah incracth. Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengungkapkan, proses pergantian Bupati Buton sudah diproses di Dirjend Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri. “Sudah ada di Dirjend Otda. Soal teknisnya, silahkan tanya langsung ke Otda,” kata Tjahjo saat ditemui di Kememdagri, senin (30/10).

Tjahjo mengaku, kalau proses administrasi sudah beres, tidak perlu ditunda lagi pergantiannya. “Untuk melancarkan pelayanan dan tugas kepala daerah maka harus ada bupati defenitif. Seceparnya kalau semua sudah beres,” tegasnya. Ketua DPRD Buton La Ode Rafiun, menyerahkan sepenuhnya proses pencopoatan itu ke pemerintah pusat. Dia mengaku akan mengikuti aturan yang sudah ada. “Namun, sebelum itu, pemerintah juga harus mengetahui kondisi daerah. Terlebih saat ini, kita akan menghadapi kontestasi Pilgub. Stabilitas daerah penting untuk dipikirkan,” tuturnya.

Politisi PAN ini menjelaskan, memang putusan hukum bisa dikatakan incracth karena waktu mengajukan banding sudah kedaluwarsa. Namun, disisi lain, dengan kasus yang sama dimana obyeknya Arbab Paproeka juga sedang berproses di Bareskrim Polri. “Pemerintah harus melihat kondisi daerah. Kita tahu, Pak Umar ini adalah sosok pemimpin yang sangat dicintai masyarakatnya. Kejadian Tolikara harusnya menjadi pelajaran penting untuk Kemendagri agar mempertimbangkan kondisi daerah,” imbuhnya. (b/yog)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top