Pariwara
Hukum & Kriminal

Kekerasan Anak dan KDRT Masih Tinggi di Konawe

Kanit PPA Reskrim Polres Konawe, Bripka Nursuhada

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe untuk meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) belum mulus. Kesadaran masyarakat atas hak-hak anak belum dipahami secara utuh sehingga menyebabkan kasus kekerasan anak yang ditangani Polres Konawe masih cukup tinggi. Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Konawe, Bripka Nursuhada menyebutkan sekira 50 kasus kekerasan anak dan perempuan yang ditanganinya. Data itu terhitung periode Januari sampai Oktober 2017. Setengah dari jumlah itu merupakan kasus persetubuhan dan pencabulan terhadap anak di bawah umur.

“Kekerasan pada anak ini ada dua yang marak terjadi. Ada persetubuhan dan ada pencabulan. Kita pisahkan jadi dua, karena untuk kasus persetubuhan ini sudah pasti pencabulan, sedangkan pencabulan belum tentu persetubuhan,” ujar Bripka Nursuhada yang ditemui di Mapolres Konawe, Senin (30/10).

Begitu juga untuk kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), Bripka Nursuhada menyebut angka kasus itu cukup besar dan biasanya dalam sepekan terdapat empat sampai lima aduan. “Seminggu itu biasa ada empat sampai lima pelapor untuk kasus KDRT,” bebernya. Sejauh ini penanganan kasus kekerasan anak dan perempuan tengah mendapat perhatian khusus baik Polres maupun Pemkab Konawe. Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah dengan adanya MoU antara Polres dan Dinas Pemberdayaan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Konawe, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan berbagai instansi terkait, untuk membantu para korban.

“Nah dengan adanya MoU itu sangat membantu masyarakat karena nanti untuk biaya visum kasus kekerasan anak dan perempuan itu tidak dibebankan lagi kepada korban. Tetapi semuanya sudah ditanggung Pemda tanpa terkecuali, baik itu korban ekonomi rendah, ataupun mampu, karena statusnya sama korban,” tandasnya. (hel/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top