Pariwara
Metro Kendari

TPI Kendari Senilai Rp 1,4 M Tuntas Desember

Kondisi tempat pelelangan ikan (TPI) Kota Kendari saat ini. Nantinya, TPI Higienis yang saat ini tengah dikerjakan akan memadai dan jauh dari kesan kumuh serta semrawut. Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Susi Pudjiastuti beberapa waktu lalu berbuah manis untuk Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Kendari. Usulan anggaran renovasi tempat pelelangan ikan (TPI) senilai Rp 1,4 miliar disahuti. Dana itu telah dikucurkan dan DKP Kota Kendari kini tengah mengerjakan renovasi TPI yang selama ini dianggap kumuh menjadi TPI Higienis dan menjamin nyaman masyarakat yang beraktivitas di sana.

Kepala DKP Kota Kendari, Ir. Agus Salim Safrullah mengatakan pekerjaan renovasi TPI sedang berjalan dan ditargetkan tuntas selama 80 hari kerja. DKP Kota Kendari memastikan TPI Higienis itu tuntas per 31 Desember 2017. “Saat Menteri Susu bersama Dirjen Perikanan Tangkap berkunjung, langsung merespons dan menyetujui permintaan kami untuk melakukan repitalisasi TPI Higienis. Sebelumnya telah kami usulkan dalam APBD, DAK dan anggaran lainnya namun karena keterbatasan anggaran akhirnya tidak terealisasi,” ujar Agus Salim Safrullah saat ditemui Kendari Pos, akhir pekan lalu.

Tak hanya sekadar merevonasi gedung dan tempat pelelangan, DKP Kota Kendari juga akan menata para pedagang di TPI Higienis. Dagangan yang tidak berkaitan dengan ikan maka akan ditertibkan karena TPI adalah khusus pelelangan ikan bukan tempat jual sayur dan lain sebagainya. “Kami akan berkoordinasi dengan Pemkot untuk penertiban pedagang selain penjual ikan yang beraktivitas di TPI Higienis. Karena banyaknya pedagang yang bukan penjual ikan membuat banyak masalah. Salah satunya adalah kemacetan,” papar Agus Salim Safrullah.

Agus Salim memastikan TPI Higienis dapat dinikmati masyarakat Kota Kendari awal tahun 2018. Nantinya, seluruh pedagang ikan tertata rapi, dan sesuai dengan namanya, TPI harus selalu bersih. Akan jauh berbeda dengan kondisinya saat ini. “Nantinya tidak ada lagi pemandangan ikan bersentuhan dengan tanah dan kaki penjual. Selain itu akan ada drainase khusus untuk air ikan sehingga tidak ada aroma menyengat. Yang pasti jauh berbeda. Tak ada lagi kesan kumuh. Semua pedagang di TPI Higienis nanti tertata rapi,” tukas Agus Salim Safrullah. (kmr/c)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top