Pariwara
Metro Kendari

Sulkarnain Minta Ombudsman Sosialisasi di Pemkot

Plt. Ketua Ombudsman RI Perwakil Sulta, Ahmad Rustan (kanan) bersama Wakil Wali Kota Kendari, Sulkarnain (dua dari kanan, bertopi) disela-sela jalan sehat sosialisasi Ombudsman, Minggu (29/10) pagi.
Foto: Kamaruddin Dai/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Masih banyak masyarakat yang belum memahami peran dan fungsi ombudsman. Kini Ombudsman RI perwakilan Sultra punya tanggung jawab untuk menyosialisasikan eksistensi dan peran ombudsman. Salah satu cara yang dinilai ampuh dengan melakukan diskusi-diskusi bersama stakeholder dan jalan sehat yang melibatkan pemerintah dan masyarakat.

Wakil Wali Kota Kendari, Sulkarnain yang hadir membuka jalan sehat berharap ombudsman dapat melakukan sosialisasi di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari. Tetnunya agar aparatur dapat melakukan pelayanan prima kepada masyarakat dengan baik dan tidak melakukan tindakan yang tidak sesuai aturan. “Penyelenggara (pemerintahan) juga butuh sosialisasi ini karena dapat memberikan pengetahuan kepada perangkat SKPD bagaimana memberikan pelayanan yang sesuai dengan ketentuan,” ujar Sulkarnain, Minggu (29/10) pagi.

Mantan anggota DPRD Kota Kendari itu menambahkan ombudsman merupakan lembaga negara yang hadir untuk melakukan memonitoring pelayanan masyarakat. Disisi lain, masyarakat harus mengetahui ruang lingkup kerja ombudsman agar dapat membantu dalam pelaksanaan tugas-tugas lembaga tersebut. “Hal ini sangat penting karena ombudsman hadir untuk masyarakat yang mendapatkan tindakan tidak baik dalam sebuah pelayanan,” tambahnya.

Plt Ketua Ombudsman RI Perwakilan Sultra, Ahmad Rustan menjelaskan pihaknya akan membentuk komunitas agar masyarakat dapat menjadi bagian dari ombudsman untuk melakukan pengawasan terhadap tindakan maladministrasi oleh penyelenggara pelayanan. “Kami ingin memasyarakatkan ombudsman, karena bila peran kami sudah diketahui masyarakat, tentunya tugas kami sangat terbantu,” ungkap Ahmad Rustan.
(kmr/c)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top