Sempat Diblokir Warga Busel, Poros Sampolawa Dibuka – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton Selatan

Sempat Diblokir Warga Busel, Poros Sampolawa Dibuka

KENDARIPOS.CO.ID — Jalan poros Sampolawa pada ruas Desa Gunung Sejuk, Buton Selatan (Busel) hingga kini belum juga diaspal. Akibatnya, warga melakukan pemblokiran jalan karena debu pada akses transportasi tersebut sudah sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Pelaksana Tugas Kepala Dinas PU dan Penata Ruang Busel, Heli Muhammad Nur mengatakan, pihaknya telah mengambil langkah-langkah penyelesaian atas pemblokiran jalan itu. Kesepakan ditemukan saat musyawarah yang turut dihadiri pemerintah Kecamatan Sampolawa, Kepala Desa Gunung Sejuk, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

“Akan dilakukan penyiraman jalan saat musim panas. Kerusakan jalan yang  dipermasalahkan warga ini adalah kewenangan provinsi. Pembiayaan jalan poros ini melalui anggaran Pusat Investasi Pemerintah (PIP) pada Pemkab Buton. Kami sudah koordinasi dan dalam waktu dekat Inspektorat akan turun,” papar Heli saat ditemui Sabtu (28/10). Sementara itu Pelaksana Camat Sampolawa, Laode Asri mengakui, pemblokiran jalan dilakukan sejak akhir pekan lalu. “Setelah adanya penyiraman jalan yang dilakukan pihak Dinas PU, warga membuka kembali blokir itu. Hanya  berlangsung satu hari ini,” kata Asri saat dihubungi, minggu (29/10).

Ia juga sudah menjelaskan pada masyarakat jika jalan yang menghubungkan Kecamatan Sampolawa (Busel) dengan Desa Kaongke-Ongkea (Kabupaten Buton) memang masih menyimpan sejumlah persoalan yang belum diselesaikan Pemkab  Buton saat melakukan pinjaman ke PIP. Itu sebelum Busel memisahkan diri dari kabupaten induk tersebut. Sementara itu perwakilan tokoh masyarakat Desa Gunung Sejuk, Hasandi mengatakan persoalan debu yang setiap musim panas datang selalu membuat mesyarakat resah. “Tidak akan terjadi pemblokiran jalan jika aspirasi masyarakat didengar pemerintah. Kami hanya menginginkan hidup sehat. Kasihan anak-anak yang menjadi korban, mareka terserang penyakit batuk dan asma,” protesnya. (b/m2)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top