Kondisi Balita di Kolut Membaik, Cairan Infus Disita Polisi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka Utara

Kondisi Balita di Kolut Membaik, Cairan Infus Disita Polisi

Ahmad Hafizt

KENDARIPOS.CO.ID — Penanganan medis terhadap balita bernama Ahmad Hafizt, warga Dusun II Desa Maruge, Kecamatan Katoi, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) terus dilakukan dengan intens. Setelah diketahui diberi cairan infus kedaluwarsa oleh paramedis di BLUD Djafar Harun, aparat Polres Kolut telah mendatangi langsung tempat balita itu dirawat dan menyita cairan tersebut sebagai barang bukti.

Sesuai pengakuan Irwan, orang tua Hafizt, ia melakukan pengecekan cairan infus setelah anaknya tidak hentinya menangis dan terus buang air besar. Irwan menemukan infus tersebut telah tertera tanggal yang dianggap kedaluwarsa karena hanya berlaku hingga 3 September 2017. Ia kemudian melapor ke pihak Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan cairan infus langsung diganti.

Petugas mengamankan satu botol cairan infus merk Asering isi 500 ml yang tersisa kurang lebih 250 mL. Para dokter maupun perawat yang bertugas saat kejadian juga diidentifikasi. Direktur BLUD Djafar Harun, dr. Syarif Nur kembali memberi penjelasan dan membantah jika  pasiennya kritis setelah mendapat cairan infus yang diduga kedaluwarsa itu. Usai mengetahui kejadian tersebut, pihaknya langsung menggantinya dan ia sendiri langsung menangani sang balita.

“Dalam farmakodinamik, obat dan cairan infus jika penyimpanannya bagus dan tidak berubah warna masih ada batas toleransi sampai tiga bulan masa expired. Jadi tidak membahayakan pasien, cuma efek terapi tersisa sampai 90 persen,” argumen dr. Syarif, minggu (29/10). Atas persoalan itu, atas nama Rumah Sakit Djafar Harun telah menjelaskan dan menyampaikan permohonan maaf pada pihak keluarga dan segera menertibkan pengawasan petugas, distribusi dan pengelolaan obat serta bahan habis pakai di RS, termasuk memeriksa kembali depot obat yang ada di instalasi farmasi dan ruangan. “Kami telah memantau perkembangan pasien. Alhamdulillah saat ini semakin membaik setelah kami tangani,” pungkas dikter ramah itu. (c/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top