Pariwara
Pariwara
Pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Kapolda Sultra Ajak Pemuda Lawan Radikalisme dan Hoax

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto (kelima dari kiri, pakai seragam) mengajak mahasiswa menolak segala bentuk radikalisme dan hoax demi menjaga keutuhan NKRI saat kuliah akbar kebangsaan melawan radikalisme di lapangan SSDC Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID — Memperingati momentum Sumpah Pemuda, setiap organisasi punya cara berbeda. Begitu pula para pemuda yang menggelar kuliah akbar bertajuk aksi kebangsaan. Teriknya matahari sekira pukul 14.00 wita, Sabtu (28/10) lalu tak menyurutkan semangat kaum muda yang berkumpul di pelataran Sultra Safety Driving Centre (SSDC) eks MTQ. Tari kolosal menampilkan kisah tentang mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
(NKRI).

Dengan semangat yang menggelora mereka mengucapkan butir-butir Sumpah Pemuda. Gemuruh suara dari seribuan mahasiswa dari 38 perguruan tinggi se-Sultra mengikuti naskah Sumpah Pemuda yang dibacakan pimpinan aksi. Dalam aksi kebangsaan itu, seluruh pemuda yang hadir mendeklarasikan diri melawan radikalisme dan hoax. Mereka siap menjadi garda terdepan menjaga keutuhan NKRI.

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto terlihat ditengah-tengah para pemuda bersama steering commitee (SC) nasional kuliah akbar kebangsaan, Erwin Usman dan Rektor IAIN Kendari, Dr. Nur Alim sebagai penyelenggara kuliah akbar. Saat memberikan pengarahan, dia mengajak para pemuda untuk melawan radikalisme dan hoax. “Perang zaman sekarang sangat jauh berbeda dengan zaman dulu. Pahlawan kita berperang mengangkat senjata untuk melawan penjajah dan mempertahankan NKRI ini. Namun hari ini, kita memasuki zaman era digital. Salah satu perang yang kita lakukan adalah melawan hoax, cybercrime dan lain-lain,” begitu orasi pembuka Brigjen Pol Andap Budhi Revianto dalam kuliah akbar yang ditujukan kepada seluruh pemuda untuk bersatu melawan radikalisme.

Jenderal bintang satu itu mengatakan, isu-isu adu domba kerap disebarkan oknum-oknum tertentu melalui media sosial yang tidak terbukti kebenarannya alias hoax. Olehnya itu pemuda dituntut lebih cerdas dan bijaksana agar tidak mudah terprovokasi isu yang beredar oleh oknum yang ingin memecah kebhinekaan dalam tubuh NKRI. “Jutaan penduduk Indonesia dengan berbagai latar belakang suku, agama dan sebagainya. Hal inilah menjadi peluang para “penjajah” untuk memecah kita dan membuat ke-bhinekaan kita tercerai berai,” tutur pengganti Brigjen Agung Sabar Santoso itu.

Andap menegaskan seluruh pemuda di Sultra untuk menyatukan tekad agar tidak mudah didoktrin dengan isu-isu perpecahan yang beraroma hoax, yang tujuannya mengadu domba seluruh masyarakat Indonesia. “Kita berbeda tapi tetap satu, Indonesia. Jangan mudah terprovokasi. Selain itu, marilah kita perangi radikalisme karena itu juga salah satu pemecah kesatuan. Mari kita lawan semua itu agar selalu menjadi warga negara dengan nasionalisme yang kuat, tanpa hoax yang isinya propaganda dan radikalisme,” tegasnya.

Rektor IAIN Kendari, Nur Alim mengatakan terkumpulnya seluruh pemuda merupakan bentuk semangat untuk tetap memperkokoh NKRI. Karena semangat sangat penting dimiliki pemuda khususnya para mahasiswa sebagai bentuk spirit melawan apapun yang akan melunturkan NKRI. “Saya percaya mahasiswa yang hadir merupakan representasi dari seluruh mahasiswa Sultra yang memiliki semangat juang tinggi dan siap melawan radikalisme yang kini mengancam keutuhan NKRI kita,” paparnya.

Nur Alim mengingatkan tentang sejarah perjuangan perguruan tinggi, mahasiswa dan masyarakat Sultra dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga bangsa ini selalu eksis dan terus mengibarkan panji kemerdekaan. “Mahasiswa harus meletakkan jati diri dan identitas nasionalnya untuk menghadapi tantangan global dan saya yakin nasionalisme terpatri dalam jiwa seluruh mahasiswa di Sultra. Sudah seharusnya kita menolak dan melawan paham radikalisme,” imbuhnya. (b/kmr)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top