Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Industri Ritel Modern Lesu, Matahari Department Store Tambah Gerai Baru

Matahari Department Store. Foto: Emilia Ningsih/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Tren industri ritel modern yang terus melemah membuat PT Matahari Department Store Tbk menyiapkan berbagai strategi untuk menggenjot penjualan. Toko ritel tersebut berkolaborasi dengan The Walt Disney Company South Asia untuk penjualan produk-produk pakaian, aksesori, mainan, hingga perlengkapan rumah tangga. Head of Marketing and Loyalty Matahari Department Store A Eng menyatakan, secara umum, pasar ritel mengalami pelemahan. Kondisi tersebut tidak lepas dari era transisi dalam bisnis ritel yang mengarah ke digitalisasi.

”Matahari sendiri cukup kompetitif,” katanya di sela-sela temu-sapa dengan Minnie Mouse di Tunjungan Plaza 3, akhir pekan lalu. Matahari ditunjang dengan multisaluran. Tidak hanya mengandalkan penjualan secara luring, tetapi Matahari juga memanfaatkan jalur daring untuk memasarkan produknya. Hingga sekarang, Matahari memiliki 154 gerai fisik di 71 kota dan menawarkan produknya melalui MatahariStore.com. Bahkan, pada November 2017, akan dibuka dua gerai baru di Sumatera. Yaitu, di Lahat dan Baturaja. ”Itu menunjukkan kami masih melakukan ekspansi,” lanjut A Eng.

Sementara itu, kerja sama jangka panjang dengan Disney diyakini bisa berdampak pada pertumbuhan penjualan ke depan. ”Sebagai merek internasional, produk pakaian yang dijual sudah disesuaikan dengan selera pasar Indonesia,” jelasnya. Untuk meraup pasar yang lebih luas, Matahari juga menyiapkan lini produk untuk usia dewasa. Saat ini produk tersebut terbatas untuk usia anak hingga remaja. ”Karena sebenarnya karakter-karakter itu bisa dipakai untuk segala usia,” ucap A Eng.

Pihaknya akan berfokus pada karakter favorit seperti Disney, Marvel, dan Star Wars. Untuk penjualan secara luring, Matahari menyiapkan area ritel khusus. ”Kami juga ingin pembeli mendapatkan pengalaman berbelanja yang berbeda,” jelasnya. Namun, itu hanya berlaku di gerai tertentu, khususnya di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Terutama gerai dengan luas area yang memadai untuk ditempati area ritel khusus Disney. (jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top