Pariwara
Edukasi

Enam Formasi CPNS IAIN Kendari Lowong

Humas IAIN Kendari
Suasana seleksi CPNS di IAIN Kendari yang diselenggarakan berbasis Computer Asissted Tes yang dihelat tanggal 24 Oktober lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun ini, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari telah membuka 15 formasi dosen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), sayangnya cuma sembilan formasi yang terisi. Empat lainnya yang belum terisi adalah formasi Akuntansi Manajemen, Manajemen Keuangan Islam, Analisis Pembiayaan Bank Syariah dan Pemikiran Islam. Usut punya usut, ini karena peserta tidak mencapai passing grade, sementara dua sisanya masih kosong karena tidak memiliki pelamar yakni formasi Cumlaude Ilmu Ekonomi dan Cumlaude Manajemen Pendidikan Islam.

Di sisi lain, terang Kasubbag Organisasi Kepegawaian dan Penyusunan Peraturan (OKPP) IAIN Kendari, Kasim, berdasarkan pemantauan lapangan, pengawasan peserta tes cukup ketat mulai dari pemeriksaan sebelum masuk ruangan sampai pengawasan dalam ruangan. Bahkan, mereka tidak dizinkan membawa barang apapun dari luar. Sebagai gantinya, panitia menyediakan alat tulis dan kebutuhan lain untuk keperluan pengerjaan soal-soal Tes Intelegensia Umum (TIU).

“Tes dilaksanakan dalam enam sesi. Hari pertama lima sesi dan hari kedua satu sesi. Hasil tes kami tayangkan secara live, sehingga pemantau dan pengunjung dapat melihat perolehan nilai seluruh peserta. Kita ingin menunjukkan bahwa dalam proses penerimaan CPNS di IAIN Kendari fair dan obyektif,” tegasnya.

Adapun peserta tes CPNS di lingkup IAIN Kendari datang dari berbagai daerah, antara lain Deli Serdang Sumatera Utara, Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan berbagai daerah lain di kawasan Timur. Jalannya tes CPNS dipantau langsung oleh tim seleksi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Inspektorat Kementerian Agama RI. Panitia Seleksi CPNS IAIN Kendari telah menyediakan seluruh persyaratan, diantaranya ruang tes dan peralatan komputer yang representatif, ruang tunggu bagi peserta dilengkapi LCD proyektor yang menayangkan tutorial tes berbasis Computer Asissted Tes (CAT), monitor pemantau hasil tes serta loker. “Tim pengawas dan pemantau sudah berada di Kendari sehari menjelang pelaksanaan tes demi memastikan persiapan panitia lokal agar proses seleksi lancar dan sesuai prosedur,” tambah Kasim.

Sekretaris Panitia Penerimaan CPNS IAIN Kendari, Lamondo menjelaskan, dari hasil tes, hanya 30 orang dari 157 peserta yang berhasil mencapai nilai passing grade. Dalam CAT selama dua hari, terhitung tanggal 23-24 Oktober, 17 peserta dinyatakan gugur karena tidak hadir.

“BKN telah menetapkan passing grade untuk Tes Wawasan Kebangsaan sebanyak 75 poin, Tes Intelegensia Umum 80 poin dan Tes Karakteristik Pribadi 143 poin. Dari 157 orang yang tes hanya 30 orang yang berhasil mencapai itu,” tutupnya. (feb/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top