Buteng Maksimalkan Pengelolaan Sampah – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton Tengah

Buteng Maksimalkan Pengelolaan Sampah

MUHAMMAD YUSUF/KENDARI POS Kepala Dinas Lingkungan Hidup Buteng, Aminuddin (kiri) didampingi staf saat memperlihatkan truk pengangkut sampah yang diadakan melalui APBD 2017.

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai daerah otonomi baru, pemerintah kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) melalui Dinas Lingkungan Hidup berupaya maksimal menangani masalah sampah yang ada di masyarakat. Jumat (27/10), instansi tersebut sudah mendatangkan satu unit truk yang akan mengangkut sampah yang diadakan melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2017.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Buteng, Alimuddin mengatakan, pengadaan satu unit truk sampah tersebut dianggarkan kurang lebih Rp 400 juta. Selain itu, melalui APBD 2017 juga pihaknya mengusulkan pengadaan tujuh unit motor pengangkut sampah senilai Rp 300 juta. Hanya saja, untuk motor sampah tersebut masih dalam proses realisasi. Rencana tahun depan pihaknya akan menambah satu unit truk.

“Untuk saat ini, baik truk maupun motor sampah akan kita operasikan pada tiga wilayah kecamatan yang memiliki kuantitas sampah cukup padat, yakni Gu, Lakudo dan Mawasangka. Kendati demikian, secara bertahap kami akan melengkapi sarana prasarana penanganan sampah untuk kecamatan lainnya,” ungkapnya, juamt (27/10).

Untuk pengelolaan sampah tiga wilayah tersebut, pihaknya sudah meminta pemerintah kecamatan agar menyediakan lokasi sebagai tempat pembuangan sementara (TPS). Pasalnya, tidak semua masyarakat bersedia lahannya digunakan untuk tempat pembuangan sampah, meski sifatnya sementara. Alimuddin menambahkan, jika semua sarana prasarana sudah terealiasi, pihaknya akan membuka seleksi bagi masyarakat yang berminat untuk menjadi tenaga honorer. Mulai dari tenaga pengangkat, maupun supir truk dan motor sampah tersebut.

Dia mengungkapkan, saat ini pihaknya sementara mengupayakan lahan tempat pembuangan akhir (TPA) yang berlokasi di Desa Metere, Kecamatan Lakudo. Dengan demikian, pemerintah pusat tidak ragu-ragu untuk memberikan bantuan, baik gedung TPA maupun sarana penanganan sampah. Artinya, tidak tertutup kemungkinan pusat akan memberikan bantuan truk dan sarana prasarana lainnya.

“Salah satu syarat yang mesti dipenuhi adalah tanah yang kita sediakan memiliki sertifikat atas nama pemerintah daerah. Kita upayakan masalah lahan ini akan tuntas tahun ini, sehingga 2018 sudah bisa persiapan proses administrasi usulan bantuan. Selain itu, kami juga berencana untuk studi banding di Kota Kendari untuk pengelolaan sampah di TPA,” tutupnya. (c/myu)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top