Pariwara
Muna

Tak Ada Anggaran, Dinsos Muna Hanya Pasrah

KENDARIPOS.CO.ID — Hanya mengharapkan pembiayaan program melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD), Dinas Sosial (Dinsos) Muna kini tak dapat memenuhi target kerjanya. Padahal ada 16 penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang melekat di instansi teknis tersebut dan kini terabaikan.

Kepala Dinsos Muna, La Ode Muhammad Satri mengaku, 16 PMKS itu diantaranya anak terlantar, anak jalanan, bermasalah hukum, penyandang disabilitas, bencana alam, kemiskinan, bencana sosial, pemulihan baik dari segi ekonomi maupun psikologis. Selain itu yang ada di Muna juga yakni kelompok minoritas, ketunaan, gelandangan serta pengemis.

“Sebenarnya kalau mau hitung semua ada 26 PMKS. Hanya di Muna ini ada 16 jenis. Kalau kita mau lakukan pembinaan paling tidak, pulihkan psikologi mereka. Tapi ini, kita mau jalan tidak diporsikan anggarannya di APBD,” keluh Satri saat ditemui di ruang kerjanya, jumat (27/10). Apalagi, fenomena yang paling menonjol di Muna, lanjut Satri, banyaknya anak di bawah umur, harus bekerja di pelabuhan Raha. Padahal, jika ada anggaran, program anak jalanan direalisasikan.

“Tugasnya anak itu ada dua yakni sekolah dan bermain. Tapi, yang paling miris lagi, ada anak di Raha harus tidur di pinggir jalan untuk berjualan demi kelangsungan hidupnya. Tiap malam ada. Coba jalan-jalan malam. Harusnya ini dibina. Tapi bagaimana tidak ada anggaran,” ulangnya. Program yang ada sekarang ini, semua bersumber dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN). Diantaranya, penyandang disabilitas dengan kategori cacat berat saja. Tercatat hanya 54 orang saja yang mendapat bantuan tersebut. Termasuk 60 orang lanjut usia. “Mereka itu terima Rp 250 ribu per triwulan seumur hidup. Lainnya lagi bantuan pusat yakni PKH. APBD tidak ada sentuhan. Tahun lalu dan 2017 ini juga tak diporsikan. Harusnya ada dari APBD maupun APBN,” pungkasnya. (c/ery)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top