Pariwara
Kolaka Utara

Pemkab Kolut Kembangkan Pusat Alquran dan Mubalig

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
Pemkab Kolut sedang menggagas program pengembangan sentra penghafal Alquran dan mubalig di daerah itu.

KENDARIPOS.CO.ID — Salah satu konsep trilogi pembangunan yang diusung pemerintah kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) adalah peningkatan kualitas keagamaan. Di bawah komando Bupati, H. Nur Rahman Umar bersama Wakilnya, H. Abbas, program tersebut coba direalisasikan dengan mengembangkan sentra atau pusat penghafal Alquran dan mubalig.

Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kolut, Hasanuddin, menjelaskan, pembangunan pusat penghafal kitab suci dan mubalig tersebut untuk merespon minimnya warga dengan kemampuan tersebut. “Sementara kita data berapa jumlah penghafal dan para pelajar yang menempuh pendidikan di luar daerah,” ujarnya, jumat (27/10).

Para putra-putri yang sedang menuntut ilmu di luar daerah dan menggeluti bidang keagamaan diupayakan bisa dikembalikan dan dikumpul dalam satu lembaga di Kolut. Sasarannya, mereka nanti akan mengupayakan semacam kontrak atau surat keputusan (SK) untuk konsen membina. “Kalau kita sudah punya 10 sampai 20 orang, sudah bisa disebar di kecamatan-kecamatan,” papar Hasanuddin.

Nantinya, dalam event di daerah maupun di kabupaten lain, Kolut tidak lagi mengalami kekosongan delegasi. Impian menyatukan para penghafal dan mubalig tersebut menjadi target Pemkab agar nama Kolut bisa tersohor hingga ke tingkat nasional sebagai daerah tempat munculnya para penghafal Alquran dan mubalig besar di masa datang.

“Ini juga upaya membuka lapangan kerja. Jika mereka berhasil, itu sudah akan menjadi pendapatan dalam membina anak-anak Kolut. Tidak menutup kemungkinan mereka diundang juga ke daerah lain. Tapi kami fokus bagaimana mereka disebar membimbing di Kolut sebagai pusat pengembangan,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top