Pariwara
Pariwara
Pariwara
Space Iklan
Hukum & Kriminal

Bakar Hutan, Petani di Kolaka Utara Ditahan

Dua warga Desa Raodah, Kolaka Utara ini berniat membuka lahan untuk menanam lada, namun awam dengan aturan kehutanan. Mereka membakar hutan lindung. Keduanya harus berurusan hukum dan kini ditahan di Polsek Lasusua. Muh. Rusli/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Syahrul (18) dan Tajrin (23) masih awam dengan Nomor 41 tahun 1999 tentang kehutanan dan UU Nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sehingga membakar hutan lindung untuk ditanami lada. Kedua petani itu tak pernah menyangka jika membakar hutan maka bisa berurusan dengan hukum. Berbekal sebuah korek api, warga Desa Raodah itu membakar hutan hampir satu hektare di Desa Totallang Kecamatan Lasusua, Kolut.

Akibatnya, mereka diamankan personel Polsek Lasusua, Kamis (26/10) malam lalu. Kapolsek Lasusua, Ipda Jamarin Riche mengutarakan Syahrul bin Husain dan Tajrin bin Kadir berprofesi petani. Mereka membuka lahan di wilayah tersebut dengan cara membakar hutan. “Mereka mulai membakar pukul 17.30 wita dan kami baru mengetahuinya setelah ada laporan warga yang cemas lalu mendatangi lokasi pukul 20.00 wita,” ujar Ipda Jamarin Riche, Jumat (27/10).

Meski lokasi pembakaran hutan jauh dari kawasan pemukiman warga namun kobaran api terlihat jelas pada Kamis malam itu. Warga yang cemas api merambat ke pemukiman segera melapor ke polisi. “Jika diperkirakan luas kawasan yang terbakar itu kurang lebih satu hektar. Mereka hanya pakai korek api,” ungkap Ipda Jamarin.

Kini Syahrul dan Tajrin tak bisa lagi mencari nafkah dengan karena sudah mendekam di balik ruang tahanan. Mereka terjerat pasal 78 ayat (3) juncto pasal 50 ayat (3) huruf D UU Nomor 41 tahun 1999 tentang kehutanan atau pasal 108 juncto pasal 69 ayat (1) huruf H UU Nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Ancaman maksimal 15 tahun penjara dan denda Rp 15 miliar. (rus/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top