PU Butur Mulai Benahi Jalan Provinsi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton Utara

PU Butur Mulai Benahi Jalan Provinsi

HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS
Alat berat yang dikerahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Butur untuk menimbun ruas jalan provinsi yang rusak parah.

KENDARIPOS.CO.ID — Ruas jalan berstatus provinsi sepanjang 103 kilometer di Buton Utara (Butur) memang masih belum teraspal. Kondisinya sangat memprihatinkan dan rawan terjadi kecalakaan lalu lintas. Desakan agar Pemprov Sultra menunaikan tanggung jawabnya membenahi ruas transportasi tersebut terus disuarakan karena sangat menghambat akses warga setempat menjelajahi daerah luar, khususnya melalui transportasi darat.

Sebagai instansi terkait, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Butur terus menjadi sorotan. Akhirnya, satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang membidangi pembangunan infrastruktur itu, berinisiatif melakukan penimbunan ruas jalan provinsi menggunakan anggaran perawatan jalan rutin. Sebab kondisi jalan memang sudah rusak parah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Butur, Wawan Wardaya mengaku, beberapa titik jalan provinsi yang rusak parah sudah mulai dibenahi. Kendati begitu, pembenahan yang dilakukan hanya sebatas melakukan pemeliharaan, bukan untuk pengaspalan. “Kondisi jalan provinsi yang rusak menjadi sorotan masyarakat. Kebanyakan mereka menganggap jalan itu tanggung jawab pemerintah daerah. Olehnya itu, Pemkab harus turun tangan, karena yang rasakan dampaknya masyarakat Butur,” ujar Wawan Wardaya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (26/10).

Mantan Kepala Bidang Bina Marga Butur itu mengungkapkan, untuk perawatan ruas jalan provinsi, Pemkab menggunakan anggaran hingga Rp 1,2 miliar. Terbatasnya jumlah anggaran yang tersedia menyebabkan penimbunan jalan provinsi hanya bisa dilakukan beberapa kilometer saja, khusus untuk poros Ronta-Lambale. “Pengerjaan jalan ini tidak dipihakketigakan. Ini anggaran swakelola langsung oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang,” tambahnya.

Wawan mengimbau, masyarakat Butur bersabar. Sebab sesuai kesepakatan dengan Pemprov Sultra, ruas jalan provinsi yang rusak parah masuk dalam skala prioritas pengaspalan, tahun depan. Itu sangat diharapkan, apalagi Butur akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) provinsi. “Berdasarkan hasil Musrembang, jalan provinsi di Butur diaspal tahun 2018,” tandasnya. (c/had)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top