DPMD Konkep Hentikan Gugatan Cakades – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Kepulauan

DPMD Konkep Hentikan Gugatan Cakades

KENDARIPOS.CO.ID — Proses gugatan calon kepala desa (Cakades) pada tiga wilayah dihentikan. Pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) menganggap, tuntutan untuk pembatalan proses Pilkades beberapa waktu lalu tak cukup bukti. Tak ada unsur pelanggaran dalam tahapan pemilihan kepala desa serentak pada 10 Oktober lalu di Mata Bubu, Lampeapi Baru dan Tumbu-Tumbu Jaya.

Kepala Dinas (Kadis) PMD, Jamhur Umirlan mengatakan, gugatan pelanggaran Pilkades yang diajukan pada tiga desa itu tidak bisa dilanjutkan. Karena rata-rata proses isi gugatan berhubungan dengan daftar pemilih tetap (DPT). “Iya kami hentikan pemeriksaan gugatannya. Karena kami anggap isi gugatan itu sudah tuntas ditahapannya,” terang Jamhur Umirlan saat ditemui, Kamis (26/10).

Pihaknya bisa memproses gugatan ketika terjadi pelanggaran saat proses pemilihan 10 Oktober lalu. “Rata-rata isi gugatannya terkait DPT. Yang kami bisa proses gugatan, saat pemilihan saja. Tiga desa itu tidak ada yang menunjukan isi pelanggaran saat proses pemilihan. Sehingga kami mengambil sikap untuk tak memproses gugatan itu,” ulangnya, menegaskan.

DPMD juga sudah melayangkan surat pada pengugat, karena isi keberatan mereka tidak tercantum dalan peraturan dan regulasi Pilkades. Bukti pelanggaran yang terjadi di Desa Tumbu-Tumbu Jaya, ada dua orang yang menyalurkan hak pilihnya, sementara dua pemilih tersebut tidak terdaftar dalam DPT. Pihaknya juga tidak bisa memproses pelanggaran tersebut. “Itu tidak masuk proses pemilihan. Tetapi dalam tahapan DPT,” argumen Jamhur.

Saat ini pihaknya menganggap sengketa Pilkades telah selesai. Pihaknya tinggal menunggu petunjuk Bupati Konkep. H. Amrullah untuk melakukan pelantikan 60 kepala desa terpilih tersebut. “Apakah dipercepat atau sesuai tahapan yakni 22 November. Kami tinggal menunggu petunjuk Pak Bupati,” tandasnya. (c/san)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top