Pariwara
Metro Kendari

Dishub Sultra Bangun Pelabuhan Wisata Bokori


Notice: Undefined variable: amazondisplaywidget in /home/kendaripos/public_html/wp-content/plugins/wp-auto-affiliate-links/aal_engine.php on line 503

Fisik pelabuhan wisata yang kini mulai nampak

KENDARIPOS.CO.ID — Pemprov Sultra menetapkan Pulau Bokori menjadi salah satu destinasi wisata. Beragam fasilitas memadai sudah dibangun sepertui vila dan akses jalan dalam pulau. Ke depan, Pulau Bokori direkomendasikan menjadi tujuan wisatawan asing di Bumi Anoa ini. Makanya Pemprov Sultra tak henti-hentinya membenahi pulau yang resmi dibuka Gubernur Sultra nonaktif, Nur Alam tahun 2015 lalu agar dapat memuaskan pengunjung. Dan untuk terus meningkatkan pelayanan Pulau Bokori, Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra akan membangun pelabuhan wisata khusus penyeberangan di Pulau Bokori.

Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina menjelaskan peran Dishub sangat penting dalam penyediaan akomodasi, termasuk pelabuhan wisata. Hadi Hasina menyebut pelabuhan wisata Pulau Bokori dipusatkan di Desa Bajo, Kecamatan Soropia, Konawe. “Di pelabuhan itu nanti ada haltenya. Halte tempat istirahat pengunjung, yang kini sudah milai terlihat, dan kedepan nantinya tidak jauh dari halte kita akan buat sebuah kawasan kuliner,” paparnya.

Dengan adanya fasilitas halte di pelabuhan wisata tersebut, akan menjadi tempat persinggahan bus dan mobil, dan penumpanganya dapat istirahat terlebih dahulu sebelum menyebrang ke Pulau Bokori. Dan di pelabuhan tersebut juga disediakan kapal penyeberangan ke Pulau Bokori yang dikelola oleh masyarakat. “Bus yang dibandara bisa langsung datang ke pelabuhan wisata, dan tidak perlu bermalam di Bokori karena jarak waktu penyeberangan hanya 3 sampai 5 menit saja. Kalau pelabuhannya sudah ada, Dinas PU juga harus didorong melakukan pelebaran jalan menuju Pulau Bokori karena saat ini masih sempit,” jelas Hado Hasina.

Hado Hasina menuturkan pembangunan pelabuhan wisata membutuhkan anggaran sekira Rp 15 miliar. Dishub bisa bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU). Dana itu bisa segera kembali melalui seiring meningkatnya intensitas kunjungan wisatawan karena aksesnya dimudahkan seperti adanya pelabuhan wisata. “Jadi penganggarannya itu setiap tahun kami lakukan, dan setiap tahun kami ambilkan anggaran Rp 3 miliar. Kalau mampir ke Bokori sudah mulai terlihat pembangunan pelabuhan. Olehnya itu kami sangat membutuhkan dukungan,” harapnya. (kmr/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top