Pariwara
HEADLINE NEWS

Diberi Cairan Infus Kedaluwarsa, Balita di RS Kolut Kritis

Hafizt terbaring lemas setelah diberikan cairan kedaluwarsa.

KENDARIPOS.CO.ID — Seorang balita bernama Hafizt, warga Dusun II Desa Maruge Kecamatan Katoi Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) terbaring kritis di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Djafar Harun, Jum’at (27/10/2017). Pihak Rumah Sakit (RS) diduga lalai karena memberikan cairan infus yang sudah kedaluwarsa.

Penelusuran Kendari Pos, balita tersebut baru masuk RS Kamis (26/10) malam dan langsung ditangani medis di ruang Instalasi Gawat Darirat (IGD) karena penyakit diare. Nah, Jumat (27/10) pukul 08.00 Wita, Hafizt dikabarkan orang tuanya harus buang air sebanyak 12 kali setelah cairan yang diberikan sudah ekspayer.

Kondisi kritis sang anak berusia tiga tahun tersebut berlangsung mulai pukul 03.59 dini hari setelah perawat memberikan cairan infus dari tiga paduan calcium choloride, potassium choloride dan sodium chloride dengan masa pakai 03 September 2014 – 03 September 2017. Artinya, cairan tersebut telah kedaluwarsa sejak bulan lalu.

Cairan kedaluwarsa yang diberikan ke hafizt

Irwan, orang tua balita mengaku sangat kesal karena tim medis tidak memeriksa cairan infus sebelum memberi tindakan. “Kok cairan kedaluwarsa masih digunakan,” ujarnya.

Kata Irwan, awalnya dirinya diarahkan membeli cairan infus diapotik. Namun setelah kembali di IGD cairan yang diberikan ke anaknya dari petugas jaga sudah berganti atau tidak sama dengan yang dibeli dari apotik.

Menyikapi hal tersebut, Dirut BLUD Djafar Harun, dr. Syarif Nur mengatakan kondisi sang anak mulai membaik. Dia berterima kasih atas pengertian orang tua Hafizt yang memaklumi dan memberi kesempatan ke pihak RS berbenah diri. “Semoga si kecil cepat membaik dan kekhilafan ini sudah saya tindak lanjuti langsung,” ucapnya.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top