Pariwara
Metro Kendari

Data Berbeda, DPRD Sultra Sulit Awasi TKA

Ilustrasi TKA

KENDARIPOS.CO.ID — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Tenggara (DPRD Sultra) bersama Pemerintah Provinsi Sultra melalui dinas terkait terus melakukan pengawasan orang asing di Sultra, termasuk Tenaga Kerja Asing (TKA). Meski begitu, DPRD masih kesulitan melakukan pengawasan visa kedatangan TKA, apakah menggunakan visa kerja atau visa kunjungan wisata. Ketua Komisi IV DPRD Sultra, Yaudu Salam Ajo tak menampik kesulitan dalam mengawasi serbuan orang asing ke Sultra. Sebab, sesuai aturan,perusahaan yang mempekerjakan TKA harus mengganti tenaga kerjanya setiap jangka waktu tertentu.

DPRD Sultra, kata Yaudu Salam Ajo, telah beberapa kali memanggil Kantor Imigrasi, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ddisnakertrans) Sultra dan perusahaan yang mempekerjakan TKA. “Dalam pertemuan itu rupanya yang jadi masalah adalah data yang dimiliki oleh pihak Imigrasi dan Disnakertrans berbeda. Dan semua memiliki data dan mengaku datanya paling valid. Sehingga, ini jadi problem juga,” ujar Yaudu Salam Ajo saat ditemui di kantor DPRD Sultra, Kamis (26/10).

Anehnya, ketika DPRD Sultra turun melakukan inspeksi mendadak (Sidak), nyaris terlihat TKA. Padahal hampir setiap saat puluhan terlihat berdatangan. DPRD tahu jika banyak TKA yang tersebar di perusahaan tambang di Konawe dan Bombana. Untuk itu, sebaiknya perusahaan memberdayakan tenaga kerja lokal. “Pihak perusahaan sendiri juga sudah pernah berjanji akan merekrut tenaga kerja lokal,” ungkap Yaudu Salam Ajo.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sultra itu mengungkap persoalan lain yakni sebagian TKA yang datang melalui bandara Kendari hendak bekerja di perusahaan tambang di Morowali, Sulawesi Tengah. Mereka memilih turun di bandara Kendari mengingat tidak adanya bandara di Morowali. Komisi IV DPRD Sultra melalui Disnakertrans agar meminta perusahaan-perusahaan untuk mendata TKA-nya karena pada dasarnya TKA yang bekerja di Sultra harus memenuhi persyaratan. “Dan ini juga masalah transparansi, masalah keterbukaan, masalah data dari perusahaan yang ini agak sulit,” tandas Yaudu Salam Ajo. (wan/c)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top