Pariwara
Edukasi

Saleh Lasata Minta Sekolah Sukseskan Pagelaran Seni Budaya


Notice: Undefined variable: amazondisplaywidget in /home/kendaripos/public_html/wp-content/plugins/wp-auto-affiliate-links/aal_engine.php on line 503

Saleh Lasata

KENDARIPOS.CO.ID — Pagelaran Seni Budaya tingkat SMA/SMK/MA se Sultra mendapat dukungan banyak pihak. Kegiatan yang digagas Kendari Pos bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra ini dinilai sangat positif. Tidak hanya supaya siswa memahami lebih dalam tentang budaya lokal, tapi juga untuk mengingatkan masyarakat tentang pelestariannya.

Dukungan itu salah satunya disampaikan Plt Gubernur Sultra, HM Saleh Lasata. Menurut dia, Pagelaran Seni Budaya sangat penting diikuti para siswa. Makanya, dirinya minta supaya sekolah mendukung dan menyukseskan kegiatan tersebut. “Sekolah harus mendorong siswanya untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini,” pesan mantan Bupati Muna ini saat ditemui usai membuka acara Pameran Harteknas yang digagas Balitbangda Sultra, di Aula GOR Pemuda, Rabu (25/10).

Saleh menjelaskan, kemajuan bangsa bisa dilihat dari nilai-nilai budaya yang dianutnya. Contoh kecilnya, Jepang yang begitu maju karena berpegang erat pada budayanya. Dirinya berharap, melalui kegiatan ini bisa menumbuhkan semangat berpegang teguh pada nilai budaya lokal. “Saya melihat kegiatan itu (gebyar Seni Budaya) sangat bagus. Itu bisa mampu menumbuhkembangkan jiwa seni dan kebanggaan akan budaya daerah masing-masing,” katanya. Lebih jauh dia menjelaskan, seni dan budaya juga bisa menjadi ajang untuk memperkenalkan daerah. Bukan hanya skala nasional tapi juga internasional. Sehingga, jika sering dilakukan perlombaan seni dan kebudayaan maka pelajar akan termotivasi untuk terus memusatkan pikirannya belajar sekaligus secara tidak langsung akan membuat tertanam dalam jiwa mereka. “Jadi, itu sangat penting menurut saya,” tambahnya.

Olehnya, ia berharap pelajar melalui sekolahnya harus berpartisipasi dalam even tersebut. Apalagi, kegiatan ini tidak hanya tingkat Kota Kendari saja, melainkan se Sultra. “Sekolah harus ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini,” imbaunya. Lima hari jelang pelaksanaan kegiatan, panitia terus memantapkan persiapan. Ketua Panitia Pagelaran Seni Budaya se Sultra, Nursyamsi Abidin mengungkapkan, sesuai agenda, pagelaran seni budaya mulai digelar 1 November 2017. Ada beragam lomba yang akan ditampilkan, mulai paduan suara, lomba tari tradisional, lomba pidato dan puisi. “Kami apresiasi dukungan semua pihak. Melihat besarnya manfaat kegiatan ini, maka kami harap sekolah se Sultra harus ikut berpartisipasi,” harapnya.

Lanjut dia, acara ini memang tujuannya untuk melesatrikan sekaligus mengenalkan budaya lokal kepada generasi muda. Kata dia, nilai budaya sangat penting bagi generasi muda di masa mendatang. Lokasi acara dipusatkan di Taman Budaya Sultra. Kepala Taman Budaya Sultra, Dodhy Syahrulsah mengaku siap menyukseskan kegiatan tersebut. Menurutnya, pagelaran ini akan merangsang generasi muda, khususnya siswa menengah atas untuk lebih memahami lagi budayanya. (b/wan/ing)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top