Rp 900 Juta Bayar Gaji Bidan dan Dokter di Konut – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Utara

Rp 900 Juta Bayar Gaji Bidan dan Dokter di Konut

Marthen Minggu

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah sekian lama menanti, 144 calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari tenaga bidan dan dokter yang diangkat tahun 2017 lalu melalui seleksi Kemenkes RI, akhirnya menerima gaji perdana mereka terhitung Oktober ini. Pembayaran gaji tenaga bidan dan dokter itu dilakukan langsung pihak Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konawe Utara (Konut).

“Anggaran untuk membayar gaji bidan PPT dan dokter yang baru saja diangkat menjadi abdi negara sekitar Rp 900 juta. Pembayaran gaji itu mulai Oktober hingga Desember 2017 mendatang,”ujar Kepala BPKAD Konut, Marthen Minggu, rabu (25/10), di kantornya. Mantan Kepala Inspektorat Konut itu menjelaskan, jika melihat postur APBD, semestinya gaji bidan dan dokter yang baru saja diangkat menjadi CPNS belum bisa diselesaikan. Pasalnya, dalam gaji pegawai sudah dilakukan perhitungan sejak Januari 2017.

“Sebenarnya dari sisi pengganggaran, bidan PTT dan dokter belum bisa menerima gaji 2017. Karena APBD yang kita tetapkan itu di Janurai 2017 lalu. Karena gaji pegawai sudah dihitung dalam setahun. Sementara mereka (bidan dan dokter) menjadi pegawai nanti dibulan Mei berdasarkan tanggal mulai tugas. Artinya, mereka belum bisa menerima gaji untuk tahun 2017 dari 2.600 pegawai yang ada,” ujar Marthen Minggu.

Hanya saja, surat keputusan (SK) pengangkatan mereka sudah terima pada bulan Mei 2017. Hal itu harus diselesaikan, makanya dalam APBD-P 2017 setelah dilakukan perhitungan ulang, anggaran untuk pembayaran gaji bidan dan dokter bisa diselesaikan. Mantan Kepala Bappeda Konut ini menambahkan, berdasarkan TMT bidan dan dokter pembayaran gaji semestinya harus dibayarkan sejak Mei 2017. Jadi masih terdapat kekurangan pembayaran gaji bidan selama lima bulan.

“Kekurangan itu tetap kita selesaikan sebelum menyeberang tahun. Tapi kita akan lihat posisi kas. Makanya saya sampaikan pada mereka kalau belum dibayar jangan menuntut, karena memang gajinya belum dihitung tahun ini. Tapi kalau bisa dibayar, mereka harus bersyukur pada pemerintah Konut,” sambungnya. Marthen Minggu menyebut jika ditotalkan pembayaran gaji bidan dan dokter yang diangkat PNS pada tahun ini mencapai Rp 3 miliar, bila dihitung sejak Mei sampai Desember 2017. (b/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top