Pariwara
Buton

Polres Buton Siap Kawal DD

KENDARIPOS.CO.ID — Pengawasan terhadap penggunaan dana desa (DD) kini makin ketat dengan pelibatan kepolisian. Korps Polri bersama Kemendagri memang baru-baru meneken Memorandum of Understanding terkait pola pengawasan tersebut. Kini, jajaran Kepolisian Resor (Polres) Buton pun bersiap menindaklanjuti kesepakatan pengawasan DD tersebut. Seluruh jajaran bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) di otorita Polres Buton akan semakin intens terlibat dalam pengawasan di lapangan.

Kapolres Buton, AKBP Andi Herman mengatakan, pengawasan yang dilakukan pihaknya terkait pada proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi DD. Ia menjamin kepolisian tidak sampai mengintervensi aparat desa dalam menjalankan program pembangunan. “Kami hanya pada sisi pengawasan. Artinya, Bhabin kami punya akses untuk mengetahui penggunaan DD,” ujarnya, Rabu (25/10).

Ia melanjutkan, sebanyak 50 Bhabinkamtibmas akan mengawasi 111 desa yang masuk wilayah hukum Polres Buton. Ada 83 desa di Buton dan 28 di Buton Selatan. “Jadi satu Bhabin bisa awasi tiga desa. Kami yakin itu bisa ditangani. Intinya, kepolisian sebagamana instruksi Kapolri, akan maksimal mengawasi DD,” sambungnya.

Sebagai tahap awal, Polres Buton melakukan sosialisasi terpadu penjelasan MoU pengawasan DD, Kamis (25/10) hari ini. Sosialisasi akan melibatkan Pemkab Buton bersama seluruh kepala desa. Tujuannya untuk memberi paparan mengenai tugas pokok dan fungsi serta posisi kepolisian dalam pengawasan dana desa. “Besok (hari ini) untuk Buton saja dulu, sedangkan Busel nanti kami jadwalkan selanjutnya,” tuturnya.

Sebenarnya, jauh sebelum ada MoU tersebut, Polres Buton sudah aktif melakukan pengawasan penggunaan DD. Dengan adanya MoU itu, ia menjamin kepolisian akan semakin aktif bersama masyarakat dan pendamping desa mengawal penggunaan anggaran. Tetapi AKBP Andi Herman juga tidak ingin pemerintah desa kemudian merasa khawatir untuk menjalankan program kerjanya. “Saya jamin polisi tidak sampai terlibat di luar tupoksi. Pemdes silahkan bekerja, kami mengawasi bersama pendamping desa dan masyarakat. Kami juga akan aktif memberi masukan,” pungkasnya. (c/m1)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top