Dinkes Wakatobi Kekurangan Ambulans – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Wakatobi

Dinkes Wakatobi Kekurangan Ambulans

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
Dinkes Wakatobi mengaku masih kekurangan unit kendaraan ambulans untuk melayani warga pada sejumlah Puskesmas yang ada.

KENDARIPOS.CO.ID — Sampai kini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wakatobi masih membutuhkan fasilitas mobil ambulans. Padahal, kendaraan yang dilengkapi peralatan medis untuk mengevakuasi pasien tersebut sangat diperlukan. Pemerintah kabupaten (Pemkab) melalui dinas teknis itu mengaku, kebutuhan ambulans diperlukan sejumlah pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di pulau-pulau.

Dari 20 Puskesmas di Wakatobi, baru ada 13 unit ambulans dan dua Puskesmas keliling (speed boad). Satu ambulan merupakan bantuan dari Jepang. Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kesehatan Wakatobi, Muliaddi, mengatakan, harusnya setiap Puskesmas memiliki minimal satu unit ambulans. Meski masih kekurangan, ia berharap kondisi tersebut tak menjadi penghalang bagi tenaga medis dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

“Kita masih upayakan penambahan mobil ambulans tahun depan,” kata Muliaddin saat ditemui di ruang kerjanya, rabu (25/10). Tahun 2018, ia telah mengusulkan pengadaan empat unit ambulans. Sayangnya, proposal itu tidak melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD), namun dialokasikan lewat dana alokasi khusus (DAK).

“Karena dengan keterbatasan anggaran daerah maka kita usulkan melalui DAK,” ujarnya. Muliaddi menjelaskan, ada dua ambulans yang siaga di kantor Dinkes untuk disiapkan pada kegiatan-kegiatan yang berlangsung di kabupaten. Untuk melengkapi fasilitas seluruh Puskesmas di Wakatobi dengan mobil ambulans, pihaknya mengaku akan melakukannya secara bertahap. Tahun 2018, targetnya empat unit dan tahun selanjutnya akan mengusulkan pengadaan dengan jumlah yang sama. (c/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top