2018, Konut Fokus Benahi Wajah Kota – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Utara

2018, Konut Fokus Benahi Wajah Kota

KENDARIPOS.CO.ID — Pengalokasian anggaran pada tahun 2018 mendatang coba difokuskan untuk menata sejumlah obyek. Pemerintah kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) akan konsen meningkatkan infrastruktur dasar, pertanian dan pariwisata. Untuk penataan infrastruktur, Pemkab akan membenahi wajah Wanggudu sebagai ibu kota kabupaten menjadi lebih baik.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Konut, Antariksa, mengatakan, untuk sektor infrastruktur akan ada pergeseran dengan fokus pada ibu kota kabupaten. “Karena untuk sarana di pedesaan telah ada anggaran melalui transfer dana desa yang membackup,” ujar mantan Sekretaris Bappeda Konut itu, Rabu (25/10).

Mantan Staf Ahli Bidang Pemerintahan itu menjelaskan, pembenahan wajah kota diantaranya pembukaan jaring-jaring jalan yang menghubungkan antara satu desa dengan lainnya. Juga termasuk biaya pembebasan lahan bagi lahan warga yang terkena imbas pembangunan. “Untuk pola dan struktur ruang sudah tidak ada lagi perubahan karena sudah ada ketentuan yang diberikan pemerintah pusat,” jelas Antariksa.

Dalam pola ruang dan struktur ruang, telah ditentukan lokasi perumahan, bisnis, RTH maupun pertokoan. Ini dilakukan agar ada kepastian pembangunan. Untuk total anggaran pembenahan wajah kota, Antariksa belum memastikan. Hanya saja, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum untuk menghitung berapa dana yang dibutuhkan.

“Kita sudah rapat dan itu sementara dihitung oleh PU untuk estimasi pembukaan jaring-jaring jalan. Karena tidak serta merta langsung pengaspalan jalan, drainase maupun talud. Minimal jaring jalan bisa terbuka untuk menghubungkan antara akses,” sambungnya. Sedangkan pada sektor pariwisata, Pemkab Konut masih konsen pada pengembangan segi tiga berlian yang meliputi Labengki, Wawolesea dan Taipa.

“Pariwisata juga tidak hanya terfokus pada keindahan laut. Tapi kita juga mengembangkan wisata alam lainnya. Karena segmen wisata ada yang suka melihat gunung, air terjun maupun gua. Jadi inilah nanti yang akan dikembangkan,”ujarnya. (c/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top