Pariwara
Metro Kendari

Tarif Angkutan ASDP Diusul Naik 14 Persen

Kadishub Sultra, Hado Hasina (ketiga dari kiri) saat memaparkan pandangannya dalam rangka pembahasan tarif dan proses penyerapan APBD-P 2017 di Plaza Inn, Selasa (24/10). Pertemuan tersebut menyimpulkan usulan kenaikan tarif penyeberangan 14 persen dari tarif yang berlaku saat ini. Foto: Marwan Abidin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra sepakat akan mengusulkan angka penyesuaian tarif angkutan penyeberangan dalam Provinsi Sultra. Usulan kenaikan tarif itu pada tiga jalur utama penyeberangan, yakni ferry Baubau-Waara, Tampo-Torobulu dan Labuan-Amolengo. Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina mengatakan setelah dialog dengan PT ASDP, UPTD Pelabuhan dan Dishub Sultra disimpulkan tarif angkutan penyeberangan akan dinaikkan 14 persen dari tarif saat ini. “Jadi, usulan kenaikan tarif ferry di tiga jalur penyeberangan itu melalui keputusan tengah usulan (forum). Hasilnya, kita ambil 14 persen,” ujar Hadi Hasidna usai sosialisasi dan diseminasi terkait pembahasan tarif dan proses penyerapan APBD-P 2017 di Plaza Inn, Selasa (24/10).

Kenaikan tarif 14 persen itu baru sebatas usulan dan belum final. Usulan itu masih akan dikonsultasikan kepada Plt.Gubernur Sultra, Saleh Lasata. Apabila disetujui maka akan dituangkan dalam bentuk surat keputusan sebagai payung hukumnya dan berlaku bagi pengguna jasa kapal ferry. Ia menambahkan, idealnya tarif penyeberangan itu dievaluasi setiap enam bulan sekali. Tarif penyeberangan di Sultra saat ini sudah berlaku selama tiga tahun. Selama itu pula belum pernah dievaluasi.

General Manager PT ASDP Cabang Baubau, Umar Imran mengatakan usulan tersebut berlandaskan Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 30 tahun 2017 tentang tarif penyelenggaraan angkutan penyeberangan antar provinsi. Kemudian, melihat peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa angkutan penyeberangan dengan meningkatkan akomodasi dan kondisi performance kapal. Selain itu merujuk pada jarak lintasan, load factor, dan biaya. “Kami akan tunggu saja, karena usulan itu secara resmi tunggu keputusan Plt.Gubernur,” jelasnya. (wan/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top