Sebulan, 90 Kontainer Masuk Wakatobi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Wakatobi

Sebulan, 90 Kontainer Masuk Wakatobi

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
Kehadiran tol laut di Wakatobi memberi dampak luar biasa pada masyarakat, khususnya pedagang lokal. Selain barang lebih murah, daya beli mengalami peningkatan.

KENDARIPOS.CO.ID — Kehadiran tol laut di Wakatobi memberi dampak luar biasa pada masyarakat, khususnya pedagang lokal. Selain mendatangkan barang langsung dari Kota Surabaya dengan harga murah, kunjungan tol laut dua kali dalam sebulan membuat daya beli masyarakat Wakatobi mengalami peningkatan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Wakatobi, Kamaruddin mengatakan, ada sekitar 90 kontainer yang masuk melalui tol laut Wakatobi. Isinya barang-barang kebutuhan pokok dan lainnya yang dijual di otorita H. Arhawi ini. Ia menyebut, daya beli masyarakat meningkat. “Isu daya beli masyarakat menurun itu tidak benar. Karena buktinya, tol laut yang bawa 90 kontainer tiap bulan ini dikemanakan. Semuanya dijual di sini,” ujar Kamaruddin, selasa (24/10).

Kendati masih ada masalah yang dihadapi, namun menurutnya, peran tol laut sangat penting. Selain disubsidi pemerintah pusat, harga barang di Wakatobi terus diupayakan tidak terlalu memiliki jarak yang jauh dengan yang ada di Pulau Jawa khususnya Kota Surabaya. “Tujuan pembukaan tol laut agar harga barang di Wakatobi ini tidak jauh beda dengan di Jawa,” ungkapnya.

Sayangnya, meski biaya angkutan tol laut telah disubsidi sehingga para pedagang yang menggunakan jasa hanya membayar Rp 3 jutaan, namun fakta di lapangan memperlihatkan harga barang masih belum mengalami perubahan signifikan. “Karena kita belum punya pelabuhan khusus kontainer. Barang yang tiba dari tol laut rata-rata masih menggunakan jasa buruh. Sehingga untuk sampai ke tangan pedagang, masih dibebankan dengan biaya lainnya,” tambah Kamaruddin. Kendati begitu, ia akan berupaya masalah ini segera menemukan solusi. Agar barang-barang yang sampai di Wakatobi melalui tol laut dijual dengan harga murah. (c/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top