Pariwara
Metro Kendari

Samsat Kendari : Pemutihan Pajak Kendaraan Berakhir 31 Desember

KENDARIPOS.CO.ID — Sejak bulan lalu, Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kendari diserbu puluhan pemilik kendaraan yang pajaknya tertunggak. Animo masyarakat sangat tinggi karena adanya program pemutihan pajak kendaraan yang dicanangkan Pemprov Sultra melalui Badan Pendapatan Daerah (BPD) Sultra.

Kepala UPT Samsat Kota Kendari, Deddy Agus Susanto mengatakan program pemutihan pajak kendaraan akan berakhir pada 31 Desember. Makanya masyarakat diminta segera mengurus pajak kendaraan secepatnya, sebelum masa tenggang itu berakhirnya. Deddy menjelaskan mekanisme mengurus pemutihan pajak kendaraan cukup mudah. Pemilik kendaaraan yang pajaknya sudah mati agar membawa identitas diri (KTP), surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan membawa kendaraannya untuk cek fisik. Sejak awal Oktober hingga kemarin, Samsat sudah melayani puluhan masyarakat yang mengurus pemutihan pajak tersebut.

Sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2017 tentang penghapusan pajak kendaraan, program ini diadakan untuk membantu masyarakat. “Selain itu, tujuan sebenarnya untuk pemuktahiran data kendaraan di Sultra. Karena kendaraan masyarakat yang belum terdata di Samsat,” ujar Deddy Agus Susanto di ruang kerjannya, Selasa (24/10).

Masih menurut Deddy, program pemutihan ini yakni menghapus semua pajak kendaraan yang tertunda pembayarannya selama beberapa tahun. Misalkan pajak kendaraan mati selama lima tahun. Wajib pajak kendaraan hanya cukup membayar pajak satu tahun. Pajak empat tahun tidak dibayar alias dihapus atau diputihkan. Namun untuk pajak pokok dari asuransi Jasa Raharja tetap ditunaikan. “Begitu pula untuk denda pajaknya. Beda dengan asuransi Jasa Raharja. Kalau asuransi Jasa Raharja, dendanya saja yang dihapuskan. Tetapi, pajak pokoknya tetap dibayar. Program pemutihan pajak ini tak hanya di Kendari. Silakan datang ke Samsat daerah masing-masing,” tukas Deddy Agus Susanto. (ade/c)

1 Comment

1 Comment

  1. ilham

    25 Des 17 10:47 at 10:47

    Butuh kejelasan berahirnya pemutihan krn bnyak info kalau sudah berakhir kemaring tgl 22, tolong info pastinya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top