Pariwara
Edukasi

Peneliti UHO Diundang Simposium Internasional Rumput Laut di Makassar

Prof Dr Ma’ruf, saat presentasi tentang Pengujian Topografi untuk Mengukur Pertumbuhan Rumput Laut dengan Menggunakan Inovasi Jaring Kantung Apung dalam simposium internasional di Makassar, Minggu (22/10) lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Simposium internasional rumput laut kembali digelar di Makassar  tanggal 22 Oktober 2017 pada salah satu hotel di Pantai Losari Makassar. Event internasional ini, dihadiri berbagai pemerhati bidang rumput laut baik dari peneliti, pebisnis, pemerintah dan Non-Governmental Organization (NGO).

Kegiatan ini lebih banyak membahas kondisi terkini mengenai beberapa aspek, antara lain hasil-hasil penelitian terbaru mengenai rumput laut, berbagai persoalan, perkembangan dan terobosan dalam perdagangan rumput laut, perkembangan teknologi dalam pengelolaan rumput laut, serta berbagai informasi mengenai kebijakan pengelolaan rumput laut.

Simposium Internasional ini seolah menjadi sarana sharing informasi antara peneliti dari universitas dan lembaga peneliti, pengusaha dan pebisnis rumput laut, asosiasi rumput laut, pemerintah, NGO dan pemerhati pengembangan rumput laut saat ini. Beberapa peneliti yang hadir mencoba mempresentasekan berbagai hasil penelitian teranyar mengenai rumput laut di Indonesia dan bahkan di dunia saat ini. Beberapa peneliti Universitas Halu Oleo (UHO) juga presentasikan hasil penelitian dan uji terbaru mengenai usaha budidaya rumput laut.

Prof. Ma’ruf Kasim, salah satu peneliti rumput laut UHO yang diundang untuk memberikan presentasi mengenai perkembangan budidaya rumput laut.  Tema yang dibawakan adalah Pengujian Topografi untuk Mengukur Pertumbuhan Rumput Laut dengan Menggunakan Inovasi Jaring Kantung Apung.  Inovasi jaring kantung apung harus diuji di beberapa topografi untuk melihat kelayakan uji secara luas oleh masyarakat.

“Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa pertumbuhan rumput laut pada alat budidaya  Jaring Kantung apung mempunyai pertumbuhan yang cukup tinggi jika di bandingkan dengan alat tradisional yang dipakai masyarakat saat ini. Tingginya pertumbuhan ini berlangsung hampir di seluruh model topografi pantai di Sultra.  Pengujian topografi ini memang di laksanakan di Bumi Anoa, namun demikian hal ini akan dapat mewakili kondisi topografi di seluruh Indonesia sehingga inovasi Jaring kantung Apung dapat dikembangkan di seluruh wilayah tanah air,” ungkap Prof Ma’ruf.

Dosen pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan ini, menambahkan bahwa sampai saat ini, khususnya tahun 2017 pihaknya sudah presentasikan hasil penelitian di delapan forum simposium Internasional pada beberapa negara, seperti Malaysia, Jepang, China dan di kota-kota besar Indonesia seperti, Bali, Surabaya, Makassar, Malang, Jakarta.

“Pada tahun 2016,  kami telah presentasikan hasil penelitian di 12 simposium Internasional pada beberapa negara. Keseluruhan biaya penelitian dibiayai sepenuhnya oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan  Tinggi sementara untuk menghadiri berbagai simposium, biaya bersumber dari alokasi dana penelitian. Walaupun demikian, beberapa biaya simposium juga di-support penuh oleh panitia penyelenggara karena mereka menganggap penelitian kami sangat penting untuk diseminarkan,” ungkapnya.

Selain itu, sambung Prof Ma’ruf, pihaknya juga telah memamerkan hasil penelitian di Pameran nasional Inovasi Indonesia yang diadakan di Tangerang. Saat ini, tengah menyiapkan diri untuk berpartisipasi dalam pameran inovasi Sultra tanggal 25-27 nantinya. “Saat ini kami terus melakukan penelitian untuk terus menemukan berbagai solusi bagi permasalahan rumput laut di tanah air. Kami sangat berharap bahwa hasil penelitian kami, yang telah di presentasikan di berbagai simposium internasional akan memberikan harapan baru bagi pengembangan industri rumput laut nasional,” tandas alumni program doktor pada salah satu universitas terbaik di Jepang ini. (feb/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top