Pemkot Baubau Rekrut Dokter PTT – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Bau-bau

Pemkot Baubau Rekrut Dokter PTT

Wa Ode Maasra Manarfa

KENDARIPOS.CO.ID — Keberadaan tenaga dokter di Kota Baubau memang masih belum memadai. Hampir seluruh Puskesmas yang ada di daerah eks Kesultanan Buton itu belum mencukupi tenaga dokter ideal. Akibatnya, mutu pelayanan kesehatan yang baik pada masyarakat di pinggiran wilayah, belum dapat dirasakan maksimal.

Untuk itu, pemerintah kota (Pemkot) Baubau membuka perekrutan tenaga dokter berstatus pegawai tidak tetap (PTT). Penggajiannya menggunakan dana yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD). Saat ini rekrutmen dokter tersebut sementara berjalan untuk selanjutnya ditempatkan di beberapa Puskesmas yang ada di Baubau.

“Rekrutmen dokter PTT ini untuk mengantisipasi disparitas tenaga dokter. Sehingga mutu pelayanan kesehatan yang baik dapat dirasakan secara menyeluruh oleh masyakat,” kata Wakil Wali Kota Baubau, Wa Ode Maasra Manarfa saat ditemui, Selasa (24/10). Saat ini, pihaknya sudah melakukan beberapa terobosan dalam hal meningkatkan mutu layanan kesehatan publik. Termasuk membangun 17 gedung Puskesmas yang tersebar di delapan kecamatan yang ada di Baubau. Hanya saja, yang menjadi kendala adalah ketersediaan tenaga dokter untuk mengisi setiap Puskesmas.

“Bahkan, beberapa Puskesmas sudah terakreditasi. Selain itu dukungan 84 unit praktik mandiri dokter umum dan gigi serta dua unit klinik pratama juga sudah tersedia. Makanya saat ini kita upayakan agar tenaga dokter bisa ada di tiap Puskesmas,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, Edy Natsir mengungkapkan, sebenarnya ketersediaan tenaga dokter di Kota Baubau sudah terpenuhi. Tetapi karena adanya kebijakan pemberhentian PTT rekrutan pemerintah pusat, maka sejumlah Puskesmas yang ada mengalami kekosongan dokter. “Makanya itu, melalui peraturan wali kota (Perwali), kita berupaya untuk mengisi kembali kekosongan tersebut dengan membuka kembali rekrutmen dokter PTT. November 2017 dokter PTT sudah akan mengisi seluruh Puskemas yang ada,” ucapnya.

Sesuai anggaran pada APBD-P 2017, jumlah PTT yang akan diterima sebanyak 12 orang. Dengan gaji pokok sekitar Rp 5 juta, belum termasuk tujangan. (b/ahi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top