Pariwara
Metro Kendari

Layanan Terpadu Ceria di Launching

Sekprov Sultra, Lukman Abunawas (lima dari kanan) didampingi Asisten III Gubernur Sultra, I Ketut Puspa Adnyana dan Kepala Biro Adminstrasi Pemerintahan, Ali Akbar (dua dari kanan) saat melaunching PT Ode, Selasa (24/10). Foto: Marawan Abidin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur Sultra nonaktif, Nur Alam cerdas dalam memilih aparatur yang membantunya membangun daerah. Aparatur yang dipilihnya masuk dalam jajaran kabinetnya didominasi individu-individu cerdas dan inovatif. Terbaru, satu terobosan Pemprov Sultra dilaunching. Terobosan bernama Pelayanan Terpadu Otonomi Daerah (PT Ode) Satu Pintu yang melekat di Biro Adminstrasi Pemerintahan Setprov Sultra diresmikan operasionalnya oleh Sekprov Sultra, Lukman Abunawas.

Kehadiran PT Ode didedikasikan untuk memudahkan pelayanan administrasi kepada masyarakat Sultra. Hal itu sesuai Pergub Sultra Nomor 37 tahun 2017 tentang pedoman pelaksanaan adminstrasi otonomi daerah dilingkup Pemprov Sultra. Lukman Abunawas mengatakan PT Ode berfungsi maksimal dalam menuntaskan tugas-tugas yang kompleks. Olehnya itu dia berharap, teknis dan operasional PT Ode harus berjalan baik dan terkoneksi mulai dari Pemprov Sultra, pemerintah kabupaten/kota hingga desa atau kelurahan.

Menurut dia, secara umum operasional PT Ode itu akan satu pintu yang terpadu dalam tugas-tugas adminstrasi pemerintahan. “Semoga PT Ode ini bisa bekerja dengan maksimal dan memberikan pelayanan yang terbaik dan cepat bagi masyarakat. Sehingga tercipta tata kelola pemerintahan (governance) yang baik dan disiplin adminstrasi. Dan ini merupakan pelayanan terbaik dari biro pemerintahan,” ujar Lukman Abunawas saat launching PT Ode, Selasa (24/10).

Kepala Biro Administrasi Pemerintahan, Ali Akbar mengatakan PT Ode hadir untuk mengintegrasikan beberapa pelayanan agar lebih cepat, transparan dan akuntabel. Selain itu untuk lebih mengoptimalkan tugas dan fungsi bagian otonomi daerah. PT Ode ini melakukan pelayanan rekomendasi izin perjalanan dinas keluar negeri bagi ASN pemda, kepala daerah, wakil kepala daerah serta pimpinan dan anggota DPRD. Pelayanan admistrasi pemekaran daerah otonom baru, pelayanan rekomendasi pemekaran kecamatan. Pelayanan penerbitan keputusan gubernur tentang pengangkatan dan pemberhentian anggota DPRD. “Termasuk pelayanan pembebasan lahan sesuai kewenangan provinsi dan pelayanan rekomendasi pemberhentian,pengangkatan kepala daerah dan wakil kepala daerah, pejabat bupati dan walikota,” ungkapnya. (wan/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top