Dishub Konkep Siapkan Angkutan Bagi Wisatawan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Kepulauan

Dishub Konkep Siapkan Angkutan Bagi Wisatawan

MURSALIN/KENDARI POS
Kadis Perhubungan, Harsin Abdul Rahim (tengah) dalam rapat bersama Kabag Hukum, Sainul (kiri) membahas sistem transportasi dan trayek serta biaya angkutan bagi wisatawan.

KENDARIPOS.CO.ID — Banyak potensi wisata di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) yang membuat Dinas Perhubungan (Dishub) mencoba memanfaatkan peluang tersebut untuk memaksimalkan pendapatan asli daerah (PAD). Misalnya, obyek wisata Pantai Kampa, Tumburano, Watuntinapi dan obyek wisata pesisir laut yang tersebar di Pulau Wawonii. Nantinya Dishub Konkep akan membuka trayek angkutan dan memberlakukan tarif bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke destinasi tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Konkep, Harsin Abdul Rahim mengungkapkan, izin trayek dan tarif bagi wisatawan yang berkunjung di Negeri Kelapa itu sedang digagas untuk dibuatkan peraturan bupati (Perbup). “Rencana kami akan berlakukan tahun depan. Saat ini kami lagi menungu terbitnya Perbup,” kata Harsin saat ditemui usai mengelar rapat di ruangannya, Selasa, (24/10).

Pihaknya akan melakukan uji coba trayek tersebut pada November ini, sebagai sosialisasi pada masyarakat. Sasarannya obyek wisata yang sudah produktif, seperti Kampa dan Tumburano. “Dengan adanya tarif angkutan yang kami tetapkan maka angkutan umum secara otomatis bisa mengikuti besaran yang ditetapkan pemerintah. Misalnya, dari Langara ke Munsi yang ditetapkan pemerintah berkisar Rp 35 ribu sampai Rp 40 ribu. Sedangkan angkutan umum Rp 50 ribu,” terangnya.

Pihaknya juga akan membuat konsep sistem transportasi di Konkep, melalui proyek perubahan Diklatpim II Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Pihaknya akan membuka jalur angkutan sungai danau dan penyeberangan (ASDP) di Sawae, Kecamatan Wawonii Selatan dengan rute, Labuan-Amolengo-Sawaea.

Beberapa pelabuhan rakyat juga akan bangun Dishub pada beberapa lokasi di wilayah timur, barat dan utara Pulau Wawonii. “Saya harap masyarakat bisa mendukung semua agar kedepan Konkep bisa sejajar dengan daerah-daerah lain,” tandas mantan Camat Wawonii Barat. (c/san)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top