Pariwara
Buton

Desa Kamelanta di Buton Optimis Juara P2WKSS

LAODE ALFIN/KENDARI POS
Penyambutan Tim Penilai P2WKSS di Desa Kamelanta, Kecamatan Kapontori, Buton.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah kabupaten Buton optimis bisa menyabet juara dalam lomba program terpadu peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera (P2WKSS) tingkat provinsi. Desa Kamelanta, Kecamatan Kapontori dinilai layak menjadi juara sebab memiliki persiapan matang dalam mengikuti ajang tahunan ini.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Buton, Delia Montolalo Bakry dalam penilaian lomba P2WKSS, Selasa (24/10). Desa Kamelanta, kata dia, sudah cukup layak menjadi yang terbaik dari 17 kabupaten/kota di Sultra. “Alhamdulilah kami rasa semua persyaratan sudah terpenuhi. Seperti kebersihan, kesehatan, industri kreatif, sanitasi dan kerukunan masyarakat sudah terpenuhi. Kami optimis menang,” yakinnya.

Lebih jauh, program P2WKSS ini adalah instrumen untuk membangkitkan peran wanita dalam keluarga. Isu kesetaraan gender menjadi tolak ukur utama. Wanita dituntut lebih aktif dalam membantu kesejahteraan keluarga. “Lomba itu hanya seremoni. Terpenting bagaimana wanita dalam program ini, memahami eksistensinya. Suami cari nafkah itu monoton. Istri juga harus kreatif dan mampu membantu kesejahteraan keluarga,” urainya.

Sementara itu, Sarifudin Safaa, Ketua Tim Penilai P2WKSS mengatakan, sejak masa penilaian dimulai 5 Oktober lalu, Buton merupakan wilayah ke-16 yang dikunjungi. Hasil lomba ini akan diumumkan November mendatang. Ia menekankan, masyarakat harus memahami P2WKSS adalah suatu upaya terpadu dan lintas sektoral yang digagas pemerintah dalam menciptakan keluarga sehat dan sejahtera. Peran wanita dalam meningkatkan taraf hidup keluarga menjadi fokus perhatian karena dinilai belum maksimal.

Supardi, Kepala Desa Kamelanta mengaku bersyukur wilayahnya bisa mewakili Buton dalam ajang ini. Ia berkomitmen mengawal program ini sampai betul-betul dijalankan masyarakat Kamelanta. (c/m1)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top