Pariwara
HEADLINE NEWS

Bawa Kabur Dana Desa, Kades di Buton Buronan Polisi

KENDARIPOS.CO.ID — Tergoda dengan duit banyak yang mengalir melalui dana desa, oknum Kepala Desa Kakenauwe, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, Tasman menyelewengkan duit negara ratusan juta rupiah. Setelah dinyatakan tersangka, Tasman memilih kabur. Personel Polres Buton terus memburu tersangka bahkan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Tasman kini menjadi buronan.

Tasman diburu karena diduga terlibat kasus penyelewengan dana pekerjaan rabat beton dan perbaikan sarana air bersih menggunakan dana desa tahun 2016. Kerugian negara sebesar Rp 300 juta. Kasatreskrim Polres Buton, Iptu Hasanuddin menerangkan tersangka ditetapkan DPO sejak 17 Oktober 2017. Sebelumnya, ia mangkir dari dua kali panggilan pemeriksaan penyidik reserse kriminal (Reskrim) Polres Buton. “Keberadaan tersangka saat ini belum diketahui, namun penyidik terus mengejarnya,” ujar Iptu Hasanuddin saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (24/10).

Diketahui, tersangka dijerat pasal 2 dan 3 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 yang telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Ancaman hukuman minimal empat tahun dan maksimal 20 tahun penjara.”Modusnya tersangka mengambil uang di bendahara desa sebesar Rp 300 juta untuk pekerjaan rabat beton dan air bersih. Hanya saja, belakangan pekerjaan itu tidak terlaksana dan uangnya tidak kembali,” terang mantan penyidik senior di Polda Sultra itu.

Terpisah, Kepala BPMD Buton, Alimani mendukung langkah kepolisian untuk memburu tersangka. Ia mengatakan, Kades Kakenauwe nonaktif itu juga dinilai tidak kooperatif terhadap Pemda. “Kades itu tidak kooperatif, jadi langkah yang sangat tepat diambil oleh penyidik untuk dijadikan DPO,” jelasnya.Menurut Alimani, Tasman yang kini jadi DPO tidak lagi menjalankan kewajibannya sebagai kepala desa. Untuk itu, sesuai mekanisme maka diangkat sekretaris desa sebagai pelaksana tugas, guna menjalankan tugas-tugas kepala desa. “Jadi kita sudah angkat plt, agar pekerjaan di desa tidak terhambat,” terangnya. (m1/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top