228 PAUD di Konawe Terima BOP – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe

228 PAUD di Konawe Terima BOP

HELSON MANDALA PUTRA/KENDARI POS
Penyerahan secara simbolis buku rekening kepada sejumlah perwakilan PAUD di Konawe, selasa (24/10)

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe menyerahkan buku rekening kepada 228 lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) yang berasal dari bantuan operasional pendidikan (BOP) dana alokasi khusus (DAK) nonfisik 2017. Besaran tabungan yang diterima setiap lembaga berbeda, sesuai data dapodik per Desember 2016.

“Jadi, BOP 2017 membayarkan data siswa 2016,” ujar Kepala PAUD-NI Dikbud Konawe, Suryadi, selasa (24/10). Jumlah yang dibayarkan pada lembaga sebesar Rp 600 ribu persiswa setiap tahun. Namun, dana itu bukan diberikan ke siswa, tapi pada lembaga untuk mendukung kegiatan belajar dan bermain anak usia dini. “Jadi, kalau muridnya ada 10, berarti yang diterima Rp 6 juta dan itu yang dipakai selama setahun oleh lembaga PAUD dalam mengembangkan kegiatan belajar anak,” terangnya.

Dijelaskannya, dalam memanfaatkan dana tersebut harus sesuai Permendikbud nomor 4 tahun 2017 tentang juknis pembelanjaan. Misalnya media pembelajaran, alat peraga, permainan anak, perawatan sarana prasarana dan beberapa kebutuhan lain yang sesuai dengan Permendikbud. “Kalau untuk membangun tentunya tidak bisa. Karena dana itu sangat minim untuk membangun infrastruktur,” sambungnya.

Untuk diketahui, data Dapodik 2016 ada 232 PAUD di Konawe. Namun ada empat PAUD negeri, sehingga mereka belum menerima BOP karena mempunyai mekanisme yang berbeda. BOP mereka melekat dalam DIPA Dikbud, sehingga harus melalui Dikbud untuk meminta ke BPKAD, lalu dibayarkan.

Kemudian, untuk jumlah minimal murid lembaga PAUD sebanyak 12 murid dan tidak dibatas jumlah maksimalnya. Minimal satu lembaga menerima Rp 7,2 juta BOP Nonfisik, DAK 2017. (c/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top