Pariwara
Buton Utara

TPG Triwulan III di Butur Belum Terbayar

Agus Pria Budiana

KENDARIPOS.CO.ID — Proses pencairan tunjangan profesi guru (TPG) di Buton Utara terus mengalami keterlambatan. Untuk triwulan ketiga (Juli—September) saja, masih dalam tahap proses finalisasi. Pihak Dinas Pendidikan Butur mengaku tinggal menunggu surat keputusan (SK) Direktur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Alasannya, keterlambatan tersebut karena jaringan yang kerap gangguan sehingga progres pengiriman data pokok pendidikan (Dapodik) melalui aplikasi belum sepenuhnya rampung.

Kepala Dinas Pendidikan Butur, Agus Pria Budiana membenarkan tunjangan profesi guru untuk triwulan III belum disalurkan. Pencairan tunjangan bagi guru yang mengajar 24 jam dalam seminggu itu masih menunggu SK Dirjen. “Data sudah dikirim setiap satuan pendidikan melalui aplikasi Dapodik oleh operator sekolah masing-masing. Secara bertahap sudah diajukan untuk mendapatkan SK Dirjen. Kemungkinan Oktober ini sudah dicairkan untuk TPG triwulan III,” janji Agus Pria Budiana saat ditemui di ruangannya, senin(23/10).

Agus mengungkapkan, jumlah guru yang tercatat penerima tunjangan untuk triwulan ketiga sebanyak 535 orang dengan kucuran anggaran mencapai Rp 1 miliar lebih. Setiap guru mendapatkan tunjangan sekali dalam tiga bulan berdasarkan gaji pokok masing-masing. Agus berharap pihak sekolah segera mengumpulkan data SK mengajar guru sehingga proses penerbitan SK Dirjen tidak terlambat. Kemudian dia juga meminta agar pihak sekolah melaporkan absensi mengajar guru secara jujur dan tepat waktu.

“Kalau seandainya kedapatan laporan yang diserahkan direkayasa, maka guru yang bersangkutan mesti mengembalikan uang yang telah diterima. Itu bukan haknya karena kewajiban tidak dilaksanakan dengan baik,” warningnya. (c/had)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top