Pariwara
Muna

Pemkab Muna Lanjutkan Proyek Penimbunan Tanpa Amdal

KENDARIPOS.CO.ID — Meski tanpa dokumen analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), proyek besar penimbunan jalan di kawasan Motewe terus berlanjut. Pihak pemerintah kabupaten (Pemkab) Muna punya argumen sendiri terkait ngototnya melanjutkan pekerjaan yang menyerap anggaran hingga Rp 20 miliar tersebut, meski berada dalam kawasan hutan mangrove.

Alasannya, pemerintah tetap bekerja karena sesuai peta yang diberikan Dinas Kehutanan Provinsi. Dengan cacatan, pekerjaan penimbunan berada di luar kawasan hutan mangrove. “Pusat pembangunan penimbunan untuk jalan, berdasarkan peta yang diberikan Dinas Kehutanan berada di luar kawasan. Adapun hutan mangrove tidak bisa diganggu,” argumen Kadis PU Muna, La Ode Bou, di ruang kerjanya, Senin (23/10).

Meski dokumen Amdal belum ada, ia yakin, aturan membenarkan untuk tetap melanjutkan pekerjaan. Artinya, sambil menunggu Amdal rampung, pekerjaan juga dilakukan. “Berdasarkan aturan bisa jalan bersamaan. Amdal juga kan sudah mau rampung dan itu yang kaji dari Unhas, ” jawabnya.

Sementara itu, Kabid Cipta Karya PU Muna, Muhammad Aswan Kuasa menerangkan, soal Amdal saat itu, pihaknya melakukan penyusunan dokumen evaluasi lelang. Kendati demikian, berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor 1541 tanggal 26 Desember 2016, tentang penyelesaian dokumen hidup yang sedang berjalan. “Jadi memang sambil dibangun, sekalian dipelajari Amdalnya. Hanya yang dibangun ada beberapa item dirubah. Tim Amdal meminta untuk membuat gorong-gorong agar ada sirkulasi air, sehingga mangrove yang ada nanti tidak mati,” versinya.

Kata Muhammad Aswan Kuasa, penimbulan jalan yang sementara dalam perampungan, sesuai rencana mencapai dua kilometer. Namun, ada dua box culvert (gorong-gorong) yang dibuat, maka penimbunannya hanya mencapai 1,7 kilometer. “Dua gorong-gorong itu rekomendasi dari Unhas. Itu menjadi acuan sehingga tetap dikerja,” tandasnya tanpa menjelaskan upaya pemerintah agar kawasan mangrove tetap terjaga. (b/ery)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top