Pariwara
Hukum & Kriminal

Mantan Kades Penilep ADD-DD Wakatobi Masih Buron, Jaksa Siapkan Ancaman Maksimal

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya pencarian tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi anggaran dana desa dan dana desa (ADD-DD) tahun 2015 yang masih buron oleh Kejari Wakatobi belum membuahkan hasil. Hampir setahun, mantan Kepala Desa Mola Bahari Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, Maman Irawan (MI) buron dan hingga kini belum diketahui keberadaannya.

Maman kini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Kejari Wakatobi. Jaksa mulai ancang-ancang siapkan ancaman hukuman maksimal bagi Maman yang dianggap tidak kooperatif. Kasi Intel Kejari Wakatobi, Rudi menyayangkan sikap Maman yang tidak kooperatif dalam kasus yang diduga merugikan negara sebesar Rp 200 juta. Padahal, jika tidak melarikan diri, kasus Maman yang ditetapkan sebagai tersangka sejak 22 September lalu kemungkinan sudah masuk tahap persidangan atau mungkin sudah selesai. “Untuk melacak keberadaan tersangka kita koordinasi dengan Polres, Babinsa, Korem, Badan Intelijen Negara (BIN),” ungkap Rudi, beberapa waktu lalu.

Selain terbatas personel, kinerja jaksa mengendus dan mengejar Maman terhambat dengan keluarga tersangka yang enggan memberikan informasi. Mulut pihak keluarga Maman tertutup rapat. “Bisa jadi tersangka dibantu pihak keluarga. Tapi kami yakin siapapun kalau sudah merasa bersalah pasti tidak tenang hidupnya. Tersangka ini kalau yakin tidak salah, tidak mungkin melarikan diri,” tutur Rudi.

Jaksa menjerat tersangka dengan pasal 2 ayat (1) Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP. Jika terbukti bersalah, Maman diancam hukuman kurungan minimal empat tahun dan maksimal 20 tahun penjara. (thy/c)

 

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top