Pariwara
Politik

KPU Kolaka Jamin Seleksi PPK Tanpa Calon Titipan

Gedung Olah Raga (GOR) Kolaka dipenuhi peserta ujian tertulis seleksi panitia pemilihan kecamatan (PPK) Kolaka, Senin (23/10). Foto : ZULFADLY/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk memastikan panitia pemilihan kecamatan (PPK) memiliki kemampuan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperketat seleksi penerimaan. Tak heran, sejumlah syarat untuk bisa menjadi penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan cukup selektif. Makanya, ia menjamin perekrutan PPK murni dan tak ada calon titipan.

“Jadi seleksi PPK ini murni tanpa nepotisme. Sebab, dalam seleksi tersebut terdapat beberapa tahapan yang sangat ketat. Hasil tes tertulis ini akan kami periksa hari ini juga dan akan diplenokan yang kemudian diumumkan besok (hari ini, red) sepuluh besar. Setelah itu para peserta tersebut akan menjalani tes wawancara,” kata Muhammad Aidil Atha, komisioner KPU Kolaka, Senin (23/10).

Koordinator Divisi Tehnik Penyelenggara Pemilu ini menambahkan, jumlah calon PPK yang mendaftar di KPU Kolaka sebanyak 247 orang. Namun yang datang mengikuti tes hanya 231 peserta. Secara otomatis, 16 peserta dinyatakan gugur. Pendaftar PPK di 12 kecamatan di Kolaka telah memenuhi batas minimal. Makanya, tahapannya bisa dilanjutkan. “Yang paling sedikit pendaftarnya yaitu PPK Polinggona yaitu sembilan orang. Sedangkan pendaftar terbanyak ada di Kecamatan Tangketada dengan jumlah 29 orang,” tutur mantan PPK Lambandia ini.

Untuk menghindari kebocoran soal di daerah yang belum menggelar tes, setelah tes seluruh lembar soal dimusnahkan oleh panitia dengan cara dibakar. Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kolaka, Abdul Rauf menambahkan, honor petugas PKK kali ini lebih tinggi dibanding honor petugas PPK pada saat pemilu 2014 lalu. “Pada saat pemilu, honor Ketua PPK Rp 1.250.000 dan anggota Rp 1 juta. Sedangkan sekarang honor Ketua PPK itu sudah Rp 1.850.000 dan anggota juga sudah naik menjadi Rp 1,6 per bulan. Mereka akan dikontrak sekitar delapan bulan,” tuturnya. (b/fad)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top